fbpx

Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !

Jasa iklan saat ini sedang banyak dibutuhkan karena dunia iklan terus mengalami perkembangan. Hal ini didasari karena banyaknya pebisnis yang ingin mempromosikan produk dan bisnis lewat iklan.

Banyak orang yang memanfaatkan ketidaktahuan orang lain terhadap iklan. Maka, kamu perlu berhati – hati dalam memilih layananiklan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah namun, kualitas nya abal – abal.

Buat yang belum tahu, Jasa iklan adalah layanan yang menyediakan berbagai cara untuk mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis, seperti melalui media cetak, media online, atau media  pemasaran lainnya untuk mencapai target audiens dan meningkatkan visibilitas brand.

Layanan ini menyediakan jasa untuk membantu para pebisnis mempromosikan produk dan jasanya lewat tayangan atau konten yang ditampilkan di media pemasaran. Karena teknologi saat ini memiliki pertumbuhan yang cepat, maka bisnis layanan iklan  ini sangat menjanjikan.

Nah, maka dari itu artikel ini akan membahas apa yang harus kamu lakukan sebelum memilih dan memutuskan untuk bekerja sama dengan jasa iklan tersebut. Yuk cari tahu !

Baca Juga : Biaya Iklan di Google Ads dan Tips Hemat Yang Perlu Kamu Tahu

Cara Memilih Jasa Iklan

Untuk memilih jasa iklan yang tepat, kamu perlu pertimbangkan langkah-langkah berikut agar tidak salah langkah

1. Pahami Tujuan Iklan

Dalam memilih penyedia iklan, langkah pertama adalah menentukan tujuan iklan bisnis kamu. Hal ini perlu kamu lakukan agar jasa iklan tersebut punya gambaran iklan seperti apa yang sesuai dengan bisnis kamu.

Tujuan iklan itu bermacam – macam seperti membantu meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, launching produk baru, edukasi ke konsumen, meningkatkan retensi pelanggan, dan sebagainya. Nah, kamu bisa pilih iklan kamu mau ditujukan kemana

2. Target Audiens

Pentingnya memahami target audiens bisnis kamu. Dalam pemasaran dan periklanan, target audiens adalah kelompok orang yang spesifik menjadi fokus iklan. Gampangnya, kamu pasti punya gambaran orang – orang seperti apa yang membeli produk kamu.

Contoh kamu adalah seorang pemilik usaha skincare nah, sebelum kamu memutuskan untuk menjual skincare pasti kamu sudah punya gambaran bahwa orang – orang yang membeli skincare biasanya berjenis kelamin perempuan.

Perempuan dalam contoh ini disebut target audiens. Oh ya, target audiesn tidak hanya dilihat dari jenis kelamin tapi, bisa juga dari usia, pendidikan, lokasi, hobi, gaya hidup, pekerjaan, dan sebagainya. Jadi, pastikan kamu pilih jasa yang memiliki pengalaman dalam menjangkau atau memahami target audiens.

Baca Juga : 9 Ciri Jasa Iklan Facebook Terpercaya, Jangan Terkecoh!

3. Budget

Sebelum memulai kerja sama penting untuk mengetahui price list dari jasa tersebut. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menetapkan dan mengatur budget iklan kamu. Kamu bisa menyesuaikan budget iklan bisnis kamu sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

Budget iklan itu bervariasi tergantung beberapa faktor seperti skala iklan, media yang digunakan, tujuan iklan, jenis industri, frekuensi dan durasi iklan, kreativitas, produksi, target pasar, dan sebagainya.

Kalau kamu sudah menemukan jasa yang kamu mau tapi, tidak cocok di budget. Kamu bisa negoisasikan harga iklan tersebut agar mendapatkan harga yang lebih baik. Jika tidak, kamu bisa mulai cari jasa iklan yang dapat memberikan hasil yang baik sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Baca Juga : Jasa Iklan Meta Ads

4. Memilih Jenis Media yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis media yang sesuai dengan target audiens kamu. Ada berbagai jenis media iklan yang disediakan seperti televisi, radio, majalah, tabloid, brosur, surat kabar, media sosial, papan reklame, poster, email marketing, endorsement, dan sebagainya.

Memilih jenis media iklan yang sesuai harus disesuaikan dengan target audiens, tujuan iklan, dan budget yang sesuai agar iklan kamu dapat mencapai audiens yang tepat sasaran.

5. Reputasi Agen

Memilih jasa iklan terlebih dahulu untuk riset terlebih dahulu sepak terjang penyedia jasa itu. Memilih agen periklanan bukan lah hal yang mudah dan ini cukup tricky. Reputasi iklan yang baik menandakan bahwa jasa itu adalah terpercaya dan aman jika diajak bekerja sama.

Ada berbagai aspek dalam melihat reputasi iklan seperti  kreativitas, keberhasilan iklan klien sebelumnya, kepuasan klien, etika, penghargaan ( Jika ada ), tanggapan terhadap kritik, kualitas pelayanan, dan konsistensi.

Maka dari itu, perlu ketelitian terhadap reputasi agen iklan. Kamu bisa melihat portofolio mereka, baca testimoni, dan keberhasilan mereka dalam menangani iklan klien.

Baca Juga : Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

6. Pemahaman Industri

Sebagai jasa iklan yang reputable dan berpengalaman, mereka pasti sudah memahami jenis – jenis industri bisnis yang ada. Sehingga mereka punya gambaran mengenai iklan seperti apa yang bisa masuk ke dalam target audiens industri klien mereka.

Mereka juga harus punya imajinasi dan kreativitas untuk bisa menyasar target audiens bisnis klien mereka lewat iklan yang mereka tampilkan. Walaupun klien  tersebut memiliki banyak saingan bisnis di industri yang klien mereka geluti.

Maka, penting untuk kamu memilih layanan iklan yang memahami industri kamu dan memiliki pengetahuan tentang pasar dan pesaing dapat memberikan keuntungan tambahan kedepannya.

7. Kesepakatan dan kontrak

Langkah terakhir ketika kamu sudah memutuskan memilih jasa  yang tepat adalah menandatangani kesepakatan dan kontrak kerja sama. Kontrak jasa iklan adalah dokumen hukum yang menetapkan persyaratan, kewajiban, dan hak antara penyedia iklan dan klien.

Kamu membaca terlebih dahulu kontrak yang disepakati agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Ini juga penting untuk melibatkan profesional hukum dalam penyusunan kontrak agar kontrak tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

Itulah beberapa cara memilih jasa iklan agar tidak mendapatkan  yang bodong. Semoga cara ini bisa membantu kamu untuk kedepannya.

Baca JugaTips Agar Website Tampil di Halaman Utama Google

Aidee Lab Sebagai Jasa Iklan Terpercaya

Masih bingung mau pakai jasa iklan yang mana untuk bisnismu?. Daripada pusing – pusing mending sama Aidee Lab aja. Aidee Lab adalah agensi periklanan digital yang letak nya di kota Medan. Agensi ini memiliki misi untuk membantu para UMKM bisa mempromosikan produk dan jasa nya secara digital.

Mereka mempekerjakan tim yang sudah ahli dan profesional dibidangnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau iklan kamu tidak sesuai ekspektasi karena Aidee Lab sangat mengutamakan kepuasan pelanggan.

Pelanggan puas mereka pun juga senang. Kalau kamu masih bingung mengenai iklan, mereka bisa memberikanmu solusi dan saran untuk mengatasi kebingungan kamu. Tidak perlu khawatir lagi ya kedepannya. Untuk info lebih lanjut kamu bisa cek ke website nya yaitu aidee lab.id.

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina