fbpx

Media Planning, Apakah penting untuk bisnis?

Media Planning, Apakah penting untuk bisnis? – sosial media plan adalah salah satu cara praktis yang untuk digital marketing, dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin pesat sosial media plan sangat dibutuhkan untuk seorang digital marketing.

Apa itu sosial media plan?

Menekuni dunia bisnis nyatanya tak semudah yang dibayangkan, terdapat banyak faktor yang harus Anda pertimbangakan dalam mengambil keputusan maupun menyusun strategi bisnis yang akan dilakukan selanjutnya. 

Dengan semakin maraknya tren digital marketing, maka arketer harus memanfaatkan berbagai media sebagai saluran pemasaran. Baik itu sosial media, media tradisional, website, blog perusahaan, atau gabungan dari berbagai media sekaligus. 

Pada dasarnya perencanaan media ini sama halnya dengan merencanakan strategi marketing sesuai dengan marketing plan yang telah disusun marketer. Untuk itu perlu perencanaan matang sebelum memanfaatkan media-media tersebut sebagai sarana marketing. Ini lah sebabnya media planning menjadi bagian yang penting tidak boleh Anda abaikan. 

Apa yang dimaksud dengan media planning?

Media planning adalah proses perencanaan untuk menentukan saluran media mana yang paling efektif untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu dan menjangkau audiens yang ditargetkan. Dalam media planning, seorang media planner harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti karakteristik target audience, media komunikasi, tren pasar dan anggaran yang tersedia. 

Tujuannya adalah untuk menciptakan rencana yang optimal dan efisien dalam memaksimalkan pengaruh pesan iklan kepada target audience melalui media yang dipilih. Media planners merupakan orang yang pekerjaannya berkecimpung di media planning. Untuk mengembangkan strategi demi memaksimalkan ROI. 

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh media planner dan pelaku usaha sebelum membuat sebuah media planning, yaitu:

1. Adanya target konsumen 

Dalam memahami kebutuhan konsumen sampai ke detail yang terkecil merupakan tugas dari media partner. Mereka harus memahami apa yang diinginkan para konsumen serta keinginan dari klien agar dapat menyampaikan pesan yang lebih mengena melalui iklan yang ditayangkan. 

2. Platform yang diinginkan 

Ada beberapa platform media yang bisa digunakan, dengan adanya target konsumen yang berbeda beda sesuai dengan yang diinginkan juga harus disesuaikan dengan platform digital yang digunakan. 

3. Frekuensi dari Iklan 

Dalam membuat media planning harus memperhitungkan seberapa sering iklan ingin ditampilkan merupakan kegiatan yang harus dilakukan. Alasannya semakin sering iklan tampil maka dan yang diperlukan juga bertambah. 

4. Pengukuran yang pas 

Adanya banyak platform iklan baik offline maupun online dapat menyulitkan pelaku pemasaran, disebabkan akan mengalami kebingungan untuk menentukan platform mana yang akan digunakan. Alasannya diperlukan analisa yang sesuai agar platform yang dipilih dapat membuat iklan yang disampaikan sukses dan dapat menjangkau banyak orang. 

Apa itu sosial media plan? 

Sosial media plan adalah rencana strategis yang digunakan oleh perusahaan atau individu untuk memanfaatkan media sosial secara efektif dalam mempromosikan merek, produk, atau layanan mereka. Sosial media plan mencakup strategi konten, penjadwalan publikasi, target audiens, anggaran iklan, dan metrik untuk mengukur efektivitas kampanye media sosial. 

Sosial media plan membantu perusahaan atau individu untuk memperoleh manfaat dari pengguna media sosial, seperti meningkatkan kesadaran merek, menumbuhkan basis pengikut, meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengguna, dan menghasilkan penjualan atau lead baru. 

dalam sosial media plan, perusahaan atau individu harus mempertimbangkan tujuan kampanye mereka dan memilih platform media sosial yang paling cocok untuk target audiens mereka. selain itu, mereka juga perlu membuat konten yang menarik dan relevan serta menjadwalkan publikasi konten agar terjadwal dengan baik. 

Komponen media planning 

Dalam membuat strategi media planning, ada beberapa komponen yang wajib  dipertimbangkan menurut Maryville University 

  • Audience: Perusahaan menargetkan iklan pada audiens yang tepat dan yang relevan serta bermanfaat bagi mereka. 
  • Biaya marketing: Sebelum mengeksekusi kampanye dengan berbagai media, seorang media planner harus mengetahui berapa banyak biaya yang dibutuhkan. 
  • Conversion goals: Tujuan harus ditetapkan serta bagaimana caranya agar tujuan tersebut tercapai. 
  • Message frequency: Penentuan seberapa sering iklan tersebut harus disebarkan pada audiens target. 
  • Message reach: Seberapa luas sebuah pesan atau iklan harus disebarkan. 

Langkah membuat media planning? 

Membuat media planning melibatkan beberapa langkah, berikut adalah beberapa tahapan yang dapat diikuti:

1. Tentukan tujuan kampanye

Identifikasi tujuan kampanye Anda dengan jelas, apakah itu untuk meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau mengubah persepsi pelanggan. 

2. Kenali Target Audiens

Kenali target audiens Anda dan karakteristiknya, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, minat dan perilaku belanja. Hal ini akan membantu Anda memilih saluran media yang paling efektif untuk mencapai target. 

3. Buat rencana budget 

Tentukan anggaran untuk kampanye Anda. ini akan membantu Anda memilih media yang paling efektif untuk anggaran Anda. 

4. Pilih media yang tepat 

pilih media yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda dan juga sesuai dengan target audiens Anda. Pertimbangkan media seperti televisi, radio, media sosial, iklan online, surat kabar, majalah, billboard, dan sebagainya. 

5. Pertimbangkan jadwal peluncuran 

Tentukan jadwal peluncuran kampanye Anda. Pertimbangkan faktor seperti musim, waktu dan frekuensi siaran iklan untuk memaksimalkan dampak kampanye Anda. 

6. Ukur Hasil 

Setelah peluncuran kampanye Anda, monitor dan evaluasi hasilnya. Lakukan analisis terhadap angka penjualan, pengunjung website, interaksi media sosial, atau metric lain yang relevan dengan tujuan kampanye Anda. 

7. Sesuaikan strategi 

Sesuaikan strategi Anda berdasarkan hasil evaluasi dan pengalaman untuk kampanye berikutnya. Proses media planning harus menjadi siklus terus menerus untuk memaksimalkan efektivitas kampanye. 

Setelah melalui beberapa tahapan diatas, Anda dapat membuat media planning yang efektif dan dapat membantu mencapai tujuan kampanye Anda. 

Nah itu tadi informasi tentang media planning.

Ingin melihat informasi lainnya. Cek disini 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.