fbpx

Mengapa Branding Dibutuhkan untuk Pelaku Usaha?

Mungkin kamu bertanya – tanya, mengapa branding dibutuhkan untuk pelaku usaha? Padahal para pebisnis bisa saja langsung menjalankan bisnis mereka tanpa perlu memikirkan branding.

Kalau kamu pernah melihat buah apel yang sudah memiliki gigitan di bagian sebelahnya, pasti kamu akan langsung teringat dengan brand Apple, kan?

Nah, seperti itulah yang dimaksud dengan branding.

Menurut kamus bisnis dari Cambridge, branding merupakan upaya pebisnis untuk menentukan desain atau simbol yang akan digunakan untuk mengiklankan bisnis mereka.

Para pebisnis melakukan branding agar bisa membuat para  pelanggan terkesan dengan produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan.

Melalui branding juga bisa membuat para audiens atau pelanggan jadi mudah teringat dengan produk atau layanan dari bisnismu.

Agar bisa menjawab rasa penasaranmu mengapa branding dibutuhkan untuk pelaku usaha, simak pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : Strategi Closing Optimal dengan Menggunakan Cara Ini!

Mengapa Branding Dibutuhkan untuk Pelaku Usaha?

Kebanyakan pebisnis melakukan branding dengan membuat nama, merancang produk, menciptakan karakteristik, membuat simbol untuk bisnis mereka.

Hal tersebut dilakukan agar bisa mudah untuk mengidentifikasi bisnis, serta membedakan bisnis dengan kompetitor bisnis lainnya.

Para pebisnis melakukan segala hal untuk membangun, memperkuat, serta mempertahankan bisnis mereka.

Biasanya untuk bisnis yang baru merintis disarankan untuk meningkatkan brand awareness terlebih dahulu.

Hal tersebut agar bisnismu bisa membangun citra yang positif serta mendapatkan reputasi yang bagus di mata pelanggan.

Selain itu, dengan meningkatkan brand awareness juga bisa membangun kepercayan para pelanggan.

Perlu kamu ketahui, kalau membangun citra yang postif merupakan tujuan utama dari branding.

Jadi jika brand yang kuat tentunya akan bisa mengendalikan pasar karena pelanggan cenderung memilih produk yang sudah mereka kenal.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa branding diperlukan untuk pelaku usaha.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membranding bisnismu, yaitu dengan cara beriklan, meningkatkan layanan pelanggan, menampilkan visual yang menarik, serta membangun reputasi yang baik.

Baca Juga : Cara Menentukan Budget Iklan Bagi Kamu yang Ingin Beriklan

1. Manfaat Branding untuk Bisnis

Melakukan branding sangat bermanfaat untuk bisnismu yang sedang berjalan, berikut ini beberapa manfaatnya :

a. Dapat Menyampaikan Informasi

Melalui branding kamu bisa menyampaikan berbagai macam informasi mengenai produk atau layanan dari bisnismu agar para audiens bisa mengetahui lebih detail produk atau layanan yang sedang kamu tawarkan.

b. Mendapatkan Loyalitas dari Pelanggan

Jika para pelanggan telah mempercayai produk atau layanan dari bisnismu, maka nantinya para pelanggan akan menjadi loyalitas dan akan terus menggunakan produk atau layanan dari bisnismu.

c. Bisnis Jadi Lebih Unggul

Branding yang kuat bisa membuat bisnismu jadi lebih unggul di pasaran, hal ini tentunya bisa mempermudah audiens atau pelanggan selalu ingat dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

d. Menetapkan Harga Jual

Jika kamu sudah membangun branding sebaik mungkin, para pelanggan akan selalu memilih produk atau layanan yang telah kamu tawarkan meskipun banyak kompetitor bisnis lainya.

e. Membangun Persepsi dan Kredibilitas

Kamu bisa membangun persepsi dan kredibilitas dengan cara menawarkan produk atau layanan yang memiliki kualitas bagus yang bisa dirasakan para pelanggan setelah menggunakan produk atau layanan dari bisnismu.

2. Jenis – jenis Branding

Ada beberapa jenis branding dalam dunia bisnis yang bisa kamu pilih untuk kamu gunakan membranding bisnismu.

Kamu bisa menggunakan salah satu jenis atau menggunakan secara bersamaan dengan beberapa jenis bisnis lainnya agar bisa membuat identitas bisnismu semakin kuat.

Berikut ini beberapa jenis dalam branding :

Baca Juga : Digital Marketing Agency Ini Tawarkan Tarif Jasa SEO Murah

a. Product Branding

Jenis product branding ini bisa membuat para pelanggan memilih satu produk dari produk lain berdasarkan merek.

Misalnya saja banyak orang yang menyebutkan mie instan sebagai Indomie, padahal Indomie merupakan sebuah brand dari mie instan.

b. Service Branding

Service branding merupakan jenis branding yang berfokus pada layanan yang sedang kamu tawarkan pada calon konsumen.

Misalnya saja seperti maskapai Batik Air menawarkan tiket pesawat murah yang sudah include dengan makan siang.

c. Personal Branding

Untuk jenis branding yang satu ini berfokus pada individu yang khususnya dilakukan oleh para selebritis, politis, ataupun digital marketer.

Misalnya saja seperti Hotman Paris yang berhasil membranding dirinya sebagai ‘pengacara kondang’.

Hal tersebut tentunya telah membuktikan kalau Hotman Paris sukses membangun citra yang positif dan bisa meningkatkan kepercayaan para pelanggan.

Tentunya hal tersebut juga membuat ia menjadi terkenal di berbagai kalangan.

d. Corporate Branding

Jenis branding ini biasanya digunakan oleh para perusahaan.

Melalui jenis branding ini perusahaan bisa fokus untuk membangun reputasi secara keseluruhan dengan berdiskusi mengenai beberapa poin yang penting dari produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Beberapa poin yang didiskusikan bisa seperti logo, visi perusahaan, kredibilitas, iklan, serta pelayanannya.

e. Geographical Branding

Jenis branding yang satu ini sedikit berbeda dari jenis branding lainnya, yang mana jenis branding ini mencakup suatu wilayah untuk melakukan branding di wilayah, kota, sampai negara tertentu.

Baca Juga : Menentukan Buyer Persona dan Target Market dengan Cara Ini!

3. Aktivitas Branding

Para pebisnis ataupun perusahaan melakukan berbagai macam usaha untuk melakukan branding yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dengan para pelanggan.

Ada berbagai macam kegiatan branding yang bisa menarik perhatian para pelanggan, simak contohnya berikut ini : 

  • Erigo, melakukan promosi brand dengan menggunakan public figure yang relevan dengan kriteria produk mereka. Bahkan Erigo sering mengadakan event fashion show untuk mengenalkan produk mereka kepada konsumen mengenai variasi model produk Erigo.
  • PT Unilever, memproduksi sabun cuci tangan berupa Lifebouy dan melakukan campaign untuk mencuci tangan pakai sabun Lifebouy selama 5 menit. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempromosikan produk dari PT Unilever.
  • PT. Lasalleafood Indonesia, menayangkan iklan produk Marjan di televisi selama bulan ramadhan. Tujuan dibuatnya iklan tersebut untuk meningkatkan penjualan Marjan serta menarik minat banyak orang untuk membeli produk Marjan

    Itulah tadi seputar informasi mengenai aktivitas branding yang dilakukan oleh beberapa perusahaan yang bergerak di bidang fashion, bidang minuman, serta penerbangan.

    Alasan Mengapa Branding Dibutuhkan Pelaku Usaha

    Buat kamu yang bertanya – tanya sebelumnya mengapa branding dibutuhkan pelaku usaha, kamu bisa membaca kembali pembahasan di atas tadi.

    Jika kamu memiliki bisnis dan ingin membranding bisnismu agar lebih dikenal banyak orang maka kamu bisa menggunakan jasa branding saja.

    Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa yang menyediakan jasa branding, salah satunya Aidee Lab.

    Aidee Lab menyediakan jasa desain brand identity yang bisa mendesain berbagai hal yang berhubungan dengan bisnismu, misalnya saja mendesain logo bisnismu.

    Sudah ada beberapa pebisnis yang baru merintis dan ternama yang sudah mempercayakan bisnis mereka ke Aidee Lab untuk didesain brand identitynya.

    Kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab sekarang juga untuk mengetahui biaya jasa desain brand identity. Hubungi nomor kontak yang tersedia di websitenya Aidee Lab!

    Rate this post
    Asyia Rodhiah
    Asyia Rodhiah

    Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

    Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

    Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

    Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.