fbpx

Strategi Pemasaran Digital, Cara dan Manfaatnya!

Strategi Pemasaran Digital – Sejalan dengan kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara berdagang manusia akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, termasuk pada teknik pemasaran. 

Jika dahulu orang memasarkan dagangannya menggunakan cara konvensional seperti menyebarkan selebaran, menggunakan papan reklame, dan sejenisnya. 

Sekarang dapat dilihat proses pemasaran yang baru dengan cara memanfaatkan teknologi salah satu contohnya digital marketing. 

Secara umum Digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran produk mulai dari branding atau layanan dengan menggunakan berbagai media teknologi, sebagai contoh blog, website, e-mail, AdWords dan berbagai macam jaringan media sosial.  

Beberapa Strategi Pemasaran Digital yang paling umum:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Teknik ini melibatkan penggunaan mesin pencari yang ada di dalam google, seperti google Bing, Yahoo, dan Facebook. Teknik ini dibagi menjadi 2 area : Search Engine Optimization (SEO), cara ini dilakukan dengan tujuan agar konten yang sudah disediakan  muncul di halaman pertama google tanpa harus membayar kepada penyedia iklan dan Pay-Per-clik (PPc), berbeda dengan SEO, PPc justru dilakukan dengan membayar kepada penyedia iklan agar konten yang sudah kita siapkan berada di hasil teratas saat calon pelanggan mencari keyword tertentu sesuai dengan kebutuhan.

2. Influencer/Affiliate Marketing

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk.  Kegiatan ini biasanya melibatkan pihak ketiga dan mewajibkan Anda membayar komisi sesuai dengan kesepakatan. Contohnya memnafaatkan selebgram untuk membuat sebuah postingan baik berupa vidio atau gambar yang merujuk kepada produk yang ditawarkan.

3. Content marketing

Strategi pemasaran ini biasanya melibatkan berbagai jenis konten baik dari vidio ataupun browsur iklan, content marketing digunakan dengan memanfaatkan banyak platform atau situs-situs website, contohnya menggunakan sosial media, website resmi dari bisnis ataupun memanfaatkan fitur-fitur ads serta memanfaatkan infografis (menyajikan data yang membantu mencari informasi dengan lebih cepat).

4. Email marketing

Strategi digital marketing yang berupa mengirimkan email yang dikirimkan kepada pelanggan dan calon pelanggan dengan isi berupa pesan atau konten komersial, contohnya mengirimkan informasi produk, event, maupun kode promo yang sedang berlangsung. dan biasanya email ini berisi pesan komersial dengan jenis pesan spam.

5. Sosial media marketing

Biasanya strategi pemasaran ini menggunakan berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi chat, ataupun aplikasi hiburan seperti tiktok, YouTube, ataupun game. Strategi ini juga harus membayar royalti kepada pemilik akun jika produk yang dipasarkan tidak menggunakan akun perusahaan. contohnya pemasangan iklan berupa vidio atau gambar diakun media sosial selebgram.

6. Blogging

Startegi ini melibatkan penulisan atau penerbitan konten online pada topik yang relevan dengan produk yang akan ditawarkan, tujuan untuk menghasilkan lebih banyak prospek.  Blogging adalah tehnik pemasaran yang sangat penting untuk optimalisasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas maka situs web yang Anda miliki akan semakin banyak dikunjungi oleh orang lain dan mudah terindeks oleh mesin pencari seperti google. contohnya membuat suatu artikel yang dimana didalam artikel akan disisipkan internal link yang membawa pembaca kepada informasi produk yang ditawarkan.

Pemasaran yang menggunakan kecanggihan teknologi saat ini memudahkan pedagang untuk mengumpulkan dan menganalisis data sesuai dengan perilaku konsumen, serta memungkinkan untuk pedagang memfasilitasi konten atau iklan yang sudah di pasti disukai oleh konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Manfaat Pemasaran Digital:

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas, digital marketing bisa menjalani pasar yang lebih luas atau bahkan target pasar yang beda negara dengan penjual.  Hal tersebut bisa terjadi karena digital marketing bisa mendeteksi pasar melalui tehnik-tehnik yang sudah disebutkan diatas.
  2. Menghemat biaya iklan, pemasaran menggunakan konsep digital marketing akan mengurangi budgetin untuk pemasangan iklan di berbagai platform, pasalnya jika sekali memasang iklan hanya menggunakan baliho ataupun Billboard hanya bisa dinikmati oleh masyarakat yang berada disekitar wilayah tersebut. Sangat berbeda jika kita memasang iklan menggunakan teknologi. 
  3. Memberikan kemudahan dalam melihat perubahan bisnis, pasalnya melalui digital marketing Anda bisa melihat perkembangan bisnis yang sedang trend dan bisa bertahan lama atau hanya trend saja, melalui digital marketing Anda bisa mengetahui itu semua hanya dengan melakukan riset pasar. 
  4. Meningkatkan reputasi brand, sebagian besar masyarakat jika ingin membeli sesuatu akan mencari informasi terlebih dahulu untuk melakukan pembandingan, oleh karenanya jika produk yang ditawarkan sudah mendapatkan brand di kalangan konsumen akan mempermudah proses pemasaran. 
  5. Menghubungkan dengan konsumen serta memudahkan transaksi pembayaran, penggunaan konsep digital marketing akan menghubungkan Anda selalu pedagang kepada konsumen hanya dengan menggunakan media komunikasi handphone serta memudahkan transaksi hanya dengan menggunakan kecanggihan teknologi dan tidak perlu mendatangi toko secara offline. 

Merancang sebuah strategi pemasaran merupakan hal yang sangat krusial dan perlu perhatian khusus, karena apabila dalam pemasaran saja Anda sudah tidak serius, maka prospek yang didapatkan juga kecil. 

Hal tersebut juga membutuhkan analisis yang kuat dan harus mengikuti trend agar pelaku pedagang tetap bisa mempertahankan dagangannya dan bertahan di era industri 4.0 tujuannya agar mereka tetap bisa memasarkan produknya. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami konsep digital marketing. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.