fbpx

Persiapan Sebelum Beriklan di Meta Ads yang Perlu Kamu Ketahui!

Bagi kamu yang memiliki usaha bisnis pastinya memerlukan yang namanya beriklan, terutama mengiklankan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Hal tersebut dilakukan agar orang – orang mengenal dan tertarik untuk membeli ataupun menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Tetapi banyak pebisnis yang masih berfikir bahwa beriklan di jaman sekarang masih menggunakan media konvensional, padahal pebisnis bisa beriklan melalui Meta Ads.

Apa saja yang dilakukan dalam melakukan persiapan sebelum beriklan di Meta Ads? Apakah susah?

Jika ingin lebih tahu jawabannya, kamu perlu menyimak artikel ini sampai habis agar mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam beriklan di Meta Ads!

Baca Juga : Manfaat Digital Marketing Yang Bisa Buat Bisnis Makin Laris

Persiapan Sebelum Beriklan di Meta Ads yang Harus Diketahui!

Masih banyak orang yang memikirkan bagaimana cara beriklan yang efektif dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidak begitu banyak.

Hal ini dikarenakan dalam beriklan harus mengeluarkan biaya anggaran yang banyak dan belum tentu juga iklan tersebut banyak menjangkau orang.

Merupakan hal yang sia – sia, bukan? Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai persiapan sebelum beriklan di Meta Ads.

Meta Ads hadir untuk membantu kamu yang sedang berbisnis untuk mengiklankan bisnis produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sebelumnya kamu sudah tahu bukan bahwa Meta Ads menaungi beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Messenger.

Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya yang akan dikeluarkan karena pastinya akan sedikit mengeluarkan biaya dan tentunya jangkauan audiensnya lebih luas.

Simak artikel berikut ini sampai habis jika kamu ingin tahu apa yang perlu dipersiapkan untuk berbisnis melalui Meta Ads!

1. Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Beriklan Melalui Facebook Ads

Kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan media sosial Facebook? Facebook sendiri tujuan awal dibuatnya untuk menjadi wadah share foto atau video dan mengupdate postingan.

Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, sekarang Facebook sudah bisa menjadi tempat beriklan bagi kamu yang mempunyai bisnis.

Facebook sekarang hadir dengan fitur Facebook Ads yang siap menjadi tempat untuk kamu beriklan.

Simak berikut ini apa saja persiapan sebelum beriklan di Facebook Ads yang perlu kamu tahu.

Baca Juga : Cara Menentukan Budget Iklan Bagi kamu yang Ingin Beriklan

a. Membuat Facebook Pages

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat Facebook Ads yaitu membuat Facebook Pages.

Ada beberapa tips dalam membuat Facebook Pages ini yaitu buatlah nama dan juga kategori Facebook Pages yang tentunya harus sesuai dengan bisnis yang kamu jalani.

Pakailah foto profil dan foto sampul, dan jangan lupa lengkapilah informasi mengenai bisnis yang sedang kamu jalani.

b. Pilihlah Produk yang Akan Kamu Jual

Sebelum membangun bisnis kamu tentunya perlu menentukan produk apa yang akan kamu jual, bukan? Hal ini juga termasuk persiapan yang perlu kamu siapkan sebelum beriklan di Facebook Ads.

Kamu juga perlu menganalisis kekurangan juga kelebihan produk atau jasa kamu, mencari informasi mengenai kompetitor, dan hal – hal yang masih berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Perlu kamu ingat, semakin detail kamu menganalisa produk atau jasa yang kamu tawarkan maka kamu produk atau jasa kamu akan menguasainya.

Kamu juga perlu ingat, bahwa pelanggan tidak akan membeli atau menggunakan produk ataupun jasa yang kamu sediakan tetapi mereka akan mencari produk atau jasa yang memberikan solusi bagi kehidupan mereka.

c. Menentukan Target Audiens

Setelah kamu mengetahui produk apa yang akan kamu jual, maka selanjutnya kamu harus menentukan target audiens untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Hal ini dilakukan agar mempermudah kamu dalam menarik perhatian pelanggan, sehingga mereka bisa tertarik untuk menggunakan produk atau jasa dari bisnis kamu.

d. Menentukan Split Test

Split test merupakan salah satu langkah dalam menemukan komposisi terbaik dalam beriklan.

Split test diberisikan mengenai jenis kelamin, kota atau tempat tinggal pelanggan, usia, dan pengelompokkan sesuai minat.

e. Menyiapkan Biaya Anggaran untuk Beriklan

Kamu perlu persiapkan biaya anggaran untuk beriklan di Facebook Ads, tidak perlu langsung mengeluarkan biaya yang besar, kamu bisa mengeluarkan biaya yang kecil saja terlebih dahulu misalnya Rp50.000.

Jika memang hasilnya memuaskan dan bagus, maka kamu bisa mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk beriklan di Facebook Ads.

Tetapi perlu kamu ingat bahwa kamu harus cermat dalam beriklan di Facebook Ads agar tidak boros dan tidak kehabisan modal.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Facebook Ads Bagi Para Pebisnis

2. Hal yang Perlu Dipersiapkan Dalam Beriklan Melalui Instagram Ads

Sama seperti dengan Facebook, bahwa Instagram juga merupakan salah satu media sosial yang awalnya dibuat bertujuan untuk mengupload video dan foto saja.

Tetapi seiring perkembangan, Instagram juga bisa menjadi tempat beriklan melalui Instagram Ads.

Berikut ini beberapa hal persiapan sebelum beriklan di Instagram Ads yang perlu kamu tahu.

a. Tentukan Tujuan Kampanye

Dalam beriklan di Instagram Ads kamu perlu melakukan yang namanya menentukan tujuan kampanye, hal ini dilakukan agar sebuah kampanye berjalan dengan baik dan lancar.

Biasanya Instagram akan membantu kamu untuk menentukan format iklannya, auto optimasinya, dan melakukan bidding option sehingga bisa menyesuaikan tujuan kampanye kamu.

b. Buatlah Judul Kampanye

Setelah tadi menentukan tujuan kampanye, maka selanjutnya kamu perlu membuat judul kampanye.

Perlu kamu perhatikan dalam membuat judul kampanye ini yaitu berilah judul untuk kampanye di Instagram, dan jangan lupakan juga untuk menambahkan tanggal perkiraan kampanye yang nantinya berlangsung.

Hal tersebut dilakukan agar bisa merekam data – data yang nantinya akan dikelola dan juga bisa diperbaiki di kemudian harinya.

c. Tentukanlah Anggaran Biaya

Menentukan anggaran biaya sangatlah penting saat beriklan di Instagram Ads. Jumlah anggaran biaya yang kamu keluarkan untuk beriklan di Instagram Ads akan mempengaruhi jumlah audience yang melihat iklan produk atau jasa kamu di Instagram Ads.

Perlu kamu ingat bahwa semakin tinggi anggaran biaya yang dikeluarkan maka semakin banyak audience yang bisa melihat iklan produk atau jasa yang kamu iklankan.

d. Siapkanlah Konten Iklan Semenarik Mungkin

Perlu kamu ketahui bahwa mempersiapkan konten iklan juga sangat perlu dan penting bagi iklan produk atau jasa kamu.

Kamu bisa merencanakan seperti apa konten iklannya misalnya penyampaiannya, tema desainnya, topiknya seperti apa. Konten yang direncanakan akan memiliki struktur yang baik dan lebih matang.

Kamu juga perlu ingat untuk membuat konten iklan semenarik mungkin dan hindarilah konten iklan yang monoton, kalau bisa kamu harus selingi dengan konten hiburan agar audience tidak bosan.

e. Gunakanlah Copy Ads yang Tepat

Jika tadi kamu telah merencanakan konten yang seperti apa, maka jangan lupa untuk membuat dan menggunakan copy ads yang tepat.

Buatlah copy ads berbentuk caption semenarik mungkin agar audience tertarik dengan dengan iklan kamu.

Jangan lupa untuk menerapkan copy ads yang berisikan informasi pokok seperti diskon, harga produk atau jasa, spesifikasi produk, dan lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Pasang Iklan Instagram Bisnis Jadi Makin Cuan

Persiapan Sebelum Beriklan di Meta Ads yang Perlu Pebisnis Ketahui

Bagi kamu yang merupakan seorang pebisnis dan masih bingung dalam beriklan di Meta Ads, sepertinya kamu perlu untuk menggunakan jasa pasang iklan di Meta Ads dengan menggunakan jasa dari Aidee Lab.

Di Aidee Lab kamu tidak perlu ragukan lagi kualitasnya, mereka telah banyak menghandle client dan sukses membuat iklan client banyak dilihat audience.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, sekarang juga gunakan jasa dari Aidee Lab agar iklan produk atau jasa kamu jadi makin banyak dijangkau banyak orang.

Untuk lebih lanjut bisa lihat langsung di Instagram @aideelab sekarang juga.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.