fbpx

Voice Search SEO: Manfaatnya untuk Pemasaran UMKM

Voice Search SEO: Manfaatnya untuk Pemasaran UMKM – Saat ini teknologi terus berkembang dengan pesat. Salah satu tren terbaru yang semakin populer adalah voice search. Voice search telah mengubah cara kita mencari informasi di internet dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) tidak boleh melewatkan kesempatan ini. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi manfaat dari Voice Search SEO (Optimisasi Mesin Pencari untuk Voice Search) dan bagaimana hal ini dapat membantu masa depan pemasaran UMKM.

Mengenal Voice Search dan Perkembangannya

Dulu, saat ingin mencari informasi di internet, kita harus mengetikkan kata kunci pada mesin pencari. Namun, dengan kemajuan teknologi, kita sekarang dapat melakukan pencarian hanya dengan suara kita. 

Voice assistant seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan secara langsung dan mendapatkan jawaban yang relevan. Voice search telah mengubah cara orang berinteraksi dengan perangkat digital mereka. 

Menurut studi terbaru, pada tahun 2022, lebih dari 50% dari semua pencarian online akan dilakukan melalui suara. Ini adalah angka yang cukup signifikan dan menunjukkan betapa pentingnya mengoptimalkan situs web Anda untuk voice search.

Manfaat Voice Search SEO untuk Pemasaran UMKM

UMKM harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan keberhasilan mereka dalam pemasaran online. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari Voice Search SEO.

a. Meningkatkan Jangkauan dan Visibilitas

Optimisasi voice search dapat membantu UMKM untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas online mereka. Ketika situs web UMKM muncul dalam hasil voice search, hal ini dapat membawa lebih banyak traffic organik ke situs mereka. 

Dengan meningkatnya jumlah pengguna yang menggunakan voice search, peluang untuk menjangkau calon pelanggan baru juga semakin besar.

b. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Voice search memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan tanpa perlu mengetik. Hal ini menciptakan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan nyaman. Dengan mengoptimalkan situs web Anda untuk voice search, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengunjung situs Anda. 

Pengalaman pengguna yang baik akan meningkatkan kepuasan pengguna dan membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial.

c. Bersaing dengan Kompetitor

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, UMKM harus menemukan cara untuk bersaing dengan kompetitor mereka. Dengan mengadopsi Voice Search SEO, UMKM dapat menjadi yang terdepan dalam memanfaatkan teknologi terbaru. Ini dapat membantu UMKM untuk membedakan diri dari pesaing mereka, memasarkan, dan menarik perhatian calon pelanggan.

Perbedaan Voice Search dan Text Search

Jika Anda seorang yang ahli menggunakan website, baik itu marketer, pemilik situs web, atau spesialis SEO, Anda mungkin sudah familiar dengan teknik umum SEO untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa voice search membutuhkan kategori pengoptimalan tersendiri?

Meskipun ada tumpang tindih antara SEO on page dan off page dengan voice search SEO, ada juga kriteria mendasar dari voice search yang menjadikannya unik dari text search di website seperti Google.com.

Keunikan tersebut ialah penelusuran melalui voice search umumnya menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih mudah daripada text search. Dalam voice search, Anda mungkin bertanya “Apa saja spa yang bagus di sekitar tempat tinggal saya?”, sedangkan dalam text search mungkin Anda hanya mengetik “spa di dekat saya”.

Saat menggunakan voice search, kata kunci menjadi lebih lengkap sehingga mesin pencari menjadi lebih mudah dalam memahami percakapan yang lebih panjang dan menghasilkan hasil yang lebih relevan. 

Tips untuk Menerapkan Voice Search SEO

Untuk membantu pemasaran UMKM meraih manfaat dari Voice Search SEO, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti.

a. Perhatikan Long-Tail Keyword

Ketika mengoptimalkan website Anda untuk voice search, penting untuk memperhatikan long-tail keyword. Long-tail keyword adalah rangkaian kata kunci yang lebih spesifik dan relevan dengan bisnis Anda. Menggunakan long-tail keyword dalam konten Anda dapat membantu meningkatkan peluang untuk muncul dalam hasil voice search yang lebih spesifik.

b. Gunakan Bahasa Percakapan Sehari-hari dalam Konten Anda

Ketika membuat konten untuk website Anda, pastikan konten tersebut user-friendly. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas dan hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis atau rumit. Pastikan juga konten Anda informatif, relevan, dan memberikan jawaban yang lengkap untuk pertanyaan yang mungkin diajukan pengguna melalui voice search.

c. Perhatikan Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan faktor penting dalam urutan peringkat pencarian. Pastikan website Anda mampu memuat dengan cepat karena pengguna cenderung meninggalkan website yang lambat. Optimalkan gambar, kurangi ukuran file, dan pastikan hosting Anda cukup baik untuk menjaga kecepatan website Anda.

Voice Search SEO adalah tren yang terus berkembang dan penting untuk masa depan pemasaran UMKM. Dengan mengoptimalkan website Anda untuk voice search, Anda dapat meningkatkan jangkauan, visibilitas, dan pengalaman pengguna.

Jika Anda membutuhkan jasa SEO untuk website Anda, kami bisa menjadi solusi dari kebutuhan UMKM Anda. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan mulailah menerapkan Voice Search SEO untuk bisnis Anda sekarang juga!

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst