Strategi Content Marketing Agar Bisnis Makin Dikenal

Strategi Content Marketing – Untuk mengiklankan sebuah brand tentunya perlu membuat sebuah konten, mau itu dalam bentuk foto, video, ataupun jenis konten lainnya.

strategi content marketing
Strategi Content Marketing sangatlah penting untuk bisnis

Membuat konten iklan tidak boleh dilakukan sembarangan, perlu sekali membuat strategi content marketing.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat strategi konten marketing, diantaranya:

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Konten

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat konten marketing yaitu tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai.

Apakah ingin meningkatkan brand awareness, traffic website, penjualan, atau menghasilkan leads yang banyak.

Setiap tujuan pastinya memiliki pendekatan serta menggunakan jenis konten yang berbeda – beda.

Namun dengan adanya tujuan yang jelas bisa mempermudah kamu untuk menentukan langkah selanjutnya yang lebih relevan untuk membuat strategi konten marketing.

Baca Juga: Maksimalkan Keuntungan dengan Strategi Bisnis B2B

2. Kenali Target Audiens

Konten marketing yang bagus bisa dilihat dari kerelevannya dengan kebutuhan serta minat target audiens, maka dari itu penting sekali untuk memahami target audiens brand mu.

Untuk mengenali target audiens, kamu bisa melakukan riset agar mengetahui minat, masalah yang dialami, dan platform yang digunakan oleh audiens.

Semakin kamu mengenali target audiens, maka semakin besar peluang konten marketing diterima oleh target audiens.

3. Melakukan Riset Keyword dan Tren

Kata kunci merupakan penghubung antara kebutuhan target audiens dengan konten marketing yang telah kamu buat.

Kamu bisa melakukan riset keyword untuk mencari tahu kata kunci seperti apa yang sering dicari oleh target audiens.

Tidak hanya riset keyword, kamu juga perlu melakukan riset tren yang sedang viral dengan menyesuaikan industri brand mu.

Bisa dibilang dengan menggunakan SEO sekaligus membuat konten marketing yang relevan bisa meningkatkan visibilitas brand mu di mesin pencari serta sosial media.

4. Menentukan Format & Jenis Konten Marketing

Tidak semua audiens menyukai konten marketing dalam bentu teks yang panjang.

Kebanyakan audiens sekarang ini lebih menyukai konten dalam bentuk foto, video, atau podcast.

Nah maka dari itu penting sekali untuk menentukan jenis kontennya terlebih dahulu sebelum membuatnya agar sesuai dengan minat target audiens.

Contohnya saja kamu ingin membuat konten marketing yang edukatif dalam bentuk e-book ataupun blog.

Jenis konten tersebut cocok sekali digunakan bagi kamu yang ingin meningkatkan kredibilitas.

Jika kamu ingin membuat konten marketing dalam bentu video pendek, lebih disarankan untuk mempostingnya di sosial media seperti TikTok atu Instagram.

Baca Juga: Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif

5. Membuat Kalender Konten Marketing

Poin penting dalam membuat strategi konten marketing yaitu konsisten!

Untuk menjaga konsisten tersebut perlu sekali membuat sebuah kalender konten marketing.

Dengan membuat kalender konten, jadwal posting konten tetap terjadwal dengan terperinci mulai dari jenis konten, topik yang dibahas, platform yang digunakan, serta tanggal postingnya.

Adanya kalender konten marketing juga mempermudah kamu dan tim untuk bekerja lebih terstruktur serta menghindari jadwal posting konten yang double.

6. Mendistribusikan Konten Marketing yang Telah Dibuat

Membuat konten marketing yang bagus saja tidak cukup, kamu perlu mendistribusikan konten yang sudah dibuat.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam media untuk mendistribusikannya, seperti blog, sosial media, email marketing, dan lainnya.

Tiap platfrom tentunya memiliki kelebihannya masing – masing dan saling melengkapi satu sama lain untuk mendistribusikan konten marketing yang telah dibuat.

Baca Juga: Mengenal Strategi Marketing Mix untuk Berbisnis

7. Melakukan Analisis Performa Konten Marketing

Jika proses pembuatan sampai pendistribusian konten marketing sudah diselesaikan, maka tahapan selanjutnya yaitu melakukan analisis serta evaluasi secara rutin untuk melihat performa kontennya.

Untuk melakukan analisis performa kontennya bisa menggunakn metrik seperti klik, share, komentar, konversi, jumlah tayang, dan lainnya.

Adanya data analisis bisa mempermudah kamu untuk mengetahui konten apa saja yang berhasil, dan konten mana saja yang harus diperbaiki.

Kamu juga bisa menggunakan tools seperti Meta Business Suite, Google Analytics, tools SEO, dan lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan perhatikan sebelum membuat strategi content marketing agar kontennya bisa menjangkau dan menarik perhatian target audiens untuk menggunakan brandmu.

Kalau sudah mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat konten marketing, maka selanjutnya kamu bisa langsung cari tahu bagaimana membuat strategi konten marketing yang tepat.

Simak strateginya di pembahasan selanjutnya!

4 Membuat Strategi Content Marketing

Sebenarnya untuk membuat strategi content marketing tidak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya.

Namun pastinya ada beberapa perbedaan yang perlu juga kamu ketahui! Simak cara membuat strategi content marketing lainnya berikut ini:

1. Membuat Konten yang Bagus

Biasanya konten marketing yang bagus, berkualitas, serta jadwal posting yang konsisten lebih mudah diterima oleh target audiens.

Selain itu perlu juga membuat berbagai jenis konten sehingga target audiens tidak mudah cepat bosan.

Kamu bebas ingin membuat jenis konten yang seperti apa, mau itu dalam bentuk audio, foto, video, atau tulisan blog.

Kalau sudah mengetahui dan paham mengenai target audiens, maka kamu bisa langsung mencari ide untuk membuat konten marketing yang berbeda dari lain dan lebih mudah untuk membuatnya.

Membuat konten marketing yang informatif memang disarankan, namun juga perlu membuat konten yang memberikan solusi untuk menjawab permasalahan audiens.

Jika kehabisan ide untuk membuat konten marketing, maka kamu bisa melakukan riset.

Kamu bisa melakukan risetnya melalui platform seperti sosial media, mengikuti tren terkini, dan lainnya.

Penting sekali membuat content plan agar konten marketing bisa dikelola dengan baik.

Caranya bisa seperti membuat kalender konten ataupun mempromosikan kontennya.

2. Tonjolkan Kelebihan Brand

Dalam dunia bisnis, postioning merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Biasanya audiens lebih memilih brand yang punya kelebihan berbeda dari brand lainnya.

Maka dari itu pastikan brand mu memiliki kelebihan yang berbeda dari brand lainnya. Jangan lupa untuk meberikan solusi untuk menangani permasalahan target audiens.

Baca Juga: Susun Strategi Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan!

3. Membuat Budgeting Untuk Membuat Konten Marketing

Salah satu yang menjadi tolak ukur suksesnya pembuatan konten marketing yaitu membuat budgeting!

Saat membuat strategi content marketing perlu menghitung berapa biaya yang akan dikeluarkan.

Kamu bisa sesuaikan budgetnya dengan kebutuhan serta kemampuanmu.

Hal tersebut dilakukan agar menghindari over budget dan berujung hasil yang didapatkan kurang memuaskan.

Perlu juga membuat perbandingan antara budget dengan feedback yang telah didapatkan.

4. Menentukan Key Performance Indicator (KPI)

Biar tujuan pembuatan strategi content marketing lebih terukur, kamu bisa menentukan key performance indicator (KPI).

KPI merupakan data yang terukur dan bisa digunakn untuk mengukur kinerja tim sesuai sasaran target audiens.

Ada berbagai macam KPI, semua tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Adapun jenis KPI nya bisa seperti:

  • Brand Awareness
  • Revenue
  • Brand Loyalty 
  • Strategic Partners

Itulah tadi empat strategi konten marketing yang harus kamu ketahui sehingga proses pembuatan konten marketing bisa berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan!

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat strateginya bisa menggunakan jasa pembuatan konten dari rekomendasi jasa berikut ini.

Simak rekomendasi jasanya di pembahasan selanjutnya!

Baca Juga: Strategi Bisnis Online yang Haru Kamu Ketahui!

Rekomendasi Jasa Pembuatan Strategi Content Marketing

Tidak punya waktu kosong bukan berarti jadi penghambat kamu untuk membuat konten marketing.

Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan konten dari Aidee Lab yang siap membantu membuat konten marketing.

Tim Aidee Lab telah berpengalaman dalam membuat konten marketing yang terbukti menghasilkan banyak leads untuk kliennya.

Jika tertarik untuk menggunakan jasa pembuatan konten dari Aidee Lab bisa langsung hubungi tim Aidee Lab melalui nomor di bawah ini:

0813-6209-8990

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.