Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif
Dalam memasarkan produk maupun jasa pastinya perlu sekali strategi, begitu juga dengan bisnis UMKM yang perlu juga membuat strategi pemasaran UMKM.
Seperti yang kamu ketahui, sekarang ini bisnis UMKM masih perlu ‘berusaha keras’ untuk menyaingi berbagai brand dari luar negeri.
Padahal kalau dilihat – lihat brand UMKM tidak kalah bagus dengan brand dari luar negeri, malah bisa dibilang brand UMKM lebih berkualitas.
Namun apa daya, terkadang brand luar negeri menawarkan harga yang lebih rendah daripada harga brand UMKM.
Padahal dengan menjual brand dengan harga lebih murah dari harga pasar bisa mematikan harga, tentunya hal ini bisa membuat brand UMKM bisa ‘mati’ dengan perlahan.
Sebenarnya cara tersebut tidak diperbolehkan, karena bisa menimbulkan persaingan bisnis yang tidak sehat.
Selain itu, brand dari luar negeri yang memiliki harga lebih murah belum tentu berkualitas.
Misalnya saja brand A dari luar negeri menjual tas dengan harga yang lebih murah, namun sangat disayangkan tas tersebut tidak tahan lama.
Belum ada satu bulan tas tersebut sudah rusak di bagian talinya, bisa dibayangkan kalau sudah berbulan – bulan. Pastinya tas tersebut tidak bisa digunakan sama sekali.
Ya, bisa dibilang ada harga ada kualitas. Semakin murah harga sebuah brand, maka kualitasnya perlu dipertanyakan.
Daripada kamu menghabiskan uang untuk membeli brand luar negeri yang memiliki harga murah namun kualitasnya zonk, lebih bagus kamu membeli brand UMKM saja yang sudah jelas kualitasnya.
Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh
Banyak brand UMKM yang berkualitas namun ‘tertutupi’ dengan brand luar negeri, sehingga tidak banyak orang tahu yang mana saja brand UMKM.
Hal tersebutlah yang menjadi tantangan bagi para pebisnis UMKM, mereka harus mengevaluasi lagi untuk merencanakan strategi pemasaran UMKM yang tepat.
Jika bisnis UMKM tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat bisa menyebabkan kejadian seperti di pembahasan awal tadi.
Bagi kamu yang punya bisnis UMKM dan sedang mengalami kondisi keuangan yang buruk karena tidak adanya pendapatan yang masuk, kamu bisa simak beberapa strategi pemasaran UMKM di pembahasan selanjutnya!
Simak lebih lengkap strategi pemasaran UMKM pada pembahasan selanjutnya.
6 Strategi Pemasaran UMKM yang Ampuh Mendatangkan Pelanggan
Seperti di pembahasan sebelumnya, ‘musuh’ dari brand UMKM yaitu brand dari luar negeri yang memang sudah populer di kalangan banyak orang.
Terlebih lagi brand tersebut memasang harga yang lebih murah dari harga pasaran, tentunya brand tersebut auto diserbu banyak orang.
Namun tenang saja, bagi kamu yang merupakan pebisnis UMKM, kamu bisa menyaingi brand – brand dari luar negeri tersebut.
Caranya? Ya, kamu perlu menyusun strategi pemasaran UMKM yang tepat. Dengan strategi yang tepat dijamin ampuh bisa bersaing dengan brand – brand lainnya.
Baca Juga : Susun Strategi Pemasaran Biar Bisnis Makin Cuan!
Berikut ini beberapa strategi pemasaran UMKM yang bisa kamu terapkan untuk bisnis UMKM mu :
1. Memperkuat Nama Brand
Jika brandmu baru merintis, maka cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu memperkuat nama brand terlebih dahulu.
Dengan memperkuat nama brand, kamu jadi jauh lebih mudah untuk menjangkau target audiens dan tentunya berpotensi untuk mendapatkan omset yang lebih banyak.
Pastikan juga untuk memiliki produk yang memang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.
2. Menentukan Target Pasar
Setiap bisnis apapun itu pastinya perlu sekali menentukan target pasar. Dengan menentukannya, kamu jadi bisa lebih tahu bagaimana peluang bisnis UMKM di pasaran.
Selain itu, kamu juga bisa jadi tahu seperti apa tingkat persaingan bisnis sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.
Nah, cara untuk menentukan target pasar ini yaitu kamu perlu melakukan segmentasi para konsumen terlebih dahulu dengan cara mengkategorikan berdasarkan kebutuhan mereka.
Hal tersebut dilakukan karena tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama. Sehingga kamu sebagai pebisnis harus bisa menyesuaikan brandmu dengan kebutuhan audiens.
Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Buat Bisnis Jadi Laris
3. Mencari Tahu Kebutuhan Konsumen
Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda – beda.
Maka dari itu, ada baiknya sebelum menjalankan bisnis UMKM harus cari tahu terlebih dahulu mengenai kebutuhan konsumen secara spesifik. Sehingga tidak asal menjual produk saja.
Untuk menjual sebuah produk harus didasari dari kebutuhan para konsumen, bayangkan saja jika kamu menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh konsumen, yang ada nantinya malah jadi sia – sia.
Perlu kamu ingat juga, para konsumen tidak akan mau membeli produk yang tidak mereka butuhkan! Jadi usahakan produk yang kamu jual sesuai dengan kebutuhan konsumen ya.
4. Mencari Tahu Perbedaan Produk
Dalam berbisnis, melakukan riset kompetitor sangatlah penting dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa tahu apa saja kelebihan serta kekurangan dari produk kompetitor.
Selain itu, dengan melakukan riset kompetitor juga mempermudah kamu untuk mencari tahu produk apa saja yang tidak tersedia di kompetitor.
Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa memulai membuat produk terbaru yang belum tersedia di pasaran.
Tidak hanya melakukan riset kompetitor saja, kamu juga perlu mencari tahu perbedaan produkmu dengan produk kompetitor lainnya.
Jika sudah mengetahui perbedaanya, ada baiknya kamu bisa melakukan inovasi pada produkmu agar bisa lebih unggul dari produk kompetitor lainnya.
Baca Juga : Strategi Pemasaran Digital, Cara dan Manfaatnya!
5. Membuat Desain yang Menarik
Strategi yang satu ini masih disepelekan banyak pebisnis, padahal membuat desain kemasan produk sangatlah penting.
Sebelum membeli, konsumen tentunya akan melihat terlebih dahulu seperti apa desain produknya, jika desainnya kurang menarik maka jangan harap konsumen membeli produkmu!
Namun sebaliknya, kalau desain produknya terlihat menarik maka kemungkinan besar konsumen akan tertarik untuk membelinya.
Maka dari itu, ketika membuat desain produk disarankan untuk membuat desain yang menarik serta eye catching ya.
6. Melakukan Promosi dengan Cara Digital
Dalam berbisnis, promosi sangat penting dilakukan agar lebih mudah untuk menjangkau konsumen.
Namun jangan sampai salah melakukan promosi ya, kamu harus tahu berbagai cara promosi yang benar. Salah satu caranya yaitu dengan mempromosikan produk secara digital.
Sekarang ini mempromosikan produk secara digital lebih ampuh dibandingkan dengan cara promosi lainnya.
Bagi kamu yang memiliki bisnis UMKM sudah saatnya menggunakan cara promosi digital ini agar lebih mudah menjangkau konsumen.
Ada berbagai cara promosi yang bisa kamu lakukan diantaranya promosi melalui media sosial, bekerja sama dengan influencer, menggunakan email marketing, dan lainnya.
Namun ada satu cara yang sangat ampuh untuk mempromosikan bisnis UMKM dengan cara digital. Caranya yaitu dengan menggunakan iklan online!
Untuk menggunakan iklan online ini kamu harus mengeluarkan biaya lagi ya, biayanya tidak mahal kok. Malah untuk biaya beriklannya bisa meneyesuaikan dengan budget yang kamu punya.
Walaupun berbayar, iklan online ini terjamin memang ampuh untuk mempromosikan bisnis UMKM agar dikenal banyak orang.
Bagi kamu yang tertarik untuk beriklan online namun bingung bagaimana caranya, tenang saja! Sekarang ini sudah banyak berbagai penyedia jasa yang menawarkan jasa iklan online.
Jika kamu bingung ingin mencari jasa iklan online mana yang bagus dan berpengalaman, maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya.
Di pembahasan selanjutnya ada rekomendasi jasa iklan online yang worth it dan recommended buat kamu yang ingin beriklan online!
Baca Juga : Tujuan Pemasaran Digital yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran UMKM yang Paling Berhasil
Dari sekian banyaknya strategi pemasaran UMKM, strategi pemasaran yang satu ini telah diakui paling ampuh dan telah berhasil mempromosikan berbagai macam bisnis UMKM.
Strategi yang dimaksud ialah promosi dengan menggunakan jasa iklan online!
Menggunakan jasa iklan online sangat direkomendasikan jika kamu memang ingin lebih mudah menjangkau konsumen.
Buat kamu yang ingin menggunakan jasa iklan online, maka kamu bisa menggunakan jasa iklan online dari Aidee Lab saja.
Aidee Lab telah berpengalaman dalam menghandle iklan berbagai jenis bisnis, salah satunya bisnis UMKM!
Untuk soal biaya jasanya bisa menghubungi langsung tim Aidee Lab sekarang juga ya.