fbpx

Strategi Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui!

Strategi Bisnis Online yang Harus Anda ketahui – kecanggihan internet yang  telah mengubah sebagian besar cara hidup sehari-hari. Jika sebelumnya Anda berbelanja langsung ke toko, sekarang ada online shop yang siap sedia setiap saat sebagai tempat untuk berbelanja secara online.  

Pemasaran online atau bisnis online adalah teknik marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, misalnya melalui website, media sosial, iklan, blog, dan sebagainya. Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pebisnis sebab di era sekarang ini pengguna medsos, situs web, maupun aplikasi berbasi internet selalu meningkat. 

Pasar yang digunakan dalam pemasaran online disebut dengan e-market, dapat berupa media sosial, marketplace, dan sebagainya. Meskipun terlihat mudah dalam pengoperasiannya, namun dibutuhkan berbagai strategi khusus agar lebih efisien. Penasaran ? Simak dibawah!

Strategi Bisnis Online

1.Content Marketing 

Strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan, publikasi dan distribusi konten yang relevan dan berharga untuk menarik dan mempertahankan konsumen hingga pada akhirnya mendorong mereka untuk melakukan tindakan tertentu seperti pembelian produk atau layanan. 

Strategi ini biasanya dijalankan pelaku usaha dengan memberikan informasi yang berhubungan dengan bahan baku produk, fakta unik, ragam jenis, manfaat dan tips untuk menyimpan serta merawat produk tersebut. 

Informasi yang sudah direncanakan diunggah melalui akun resmi sosial media perusahaan atau produk tersebut. Biasanya informasi yang berguna tersebut akan di re-upload di berbagai sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, Twitter, Pinterest, dan akun media sosial lainnya yang dimiliki oleh perusahaan. 

2. Visual Marketing 

Strategi pemasaran ini menggunakan gambar, grafis, video dan elemen visual lainnya untuk mempromosikan produk merek, atau layanan. Tujuannya untuk menarik perhatian konsumen dengan visual yang menarik, serta memudahkan konsumen untuk memahami yang disampaikan. 

Biasanya, untuk membuat hal semacam ini bisa mencari desainer grafis, editor video, ataupun lulusan desain komunikasi visual untuk meningkatkan awareness terhadap produk yang akan dijual.

3. Mobile Marketing 

Strategi pemasaran yang memanfaatkan perangkat mobile seperti ponsel cerdas atau tablet untuk mempromosikan produk, layanan atau merk. Tujuannya untuk menjangkau konsumen yang menggunakan perangkat mobile dan memungkinkan pelanggan untuk terhubung dengan bisnis melalui perangkat media. 

Mobile marketing adalah pengembangan dari content marketing setelah diadakan penelitian terhadap metode pemasaran yang banyak dilakukan oleh para konsumen melalui smartphone daripada PC. 

4. Continuous Marketing 

Strategi pemasaran berfokus pada mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan terus berkomunikasi dengan mereka secara teratur. Dalam continuous marketing, pemasaran tidak hanya dilakukan ketika ada penawaran khusus atau kampanye promosi, tetapi dilakukan secara terus-menerus untuk memperkuat hubungan pelanggan.

Sebagai pelaku usaha yang menggunakan strategi pemasaran online, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya memiliki data yang valid beserta analisanya. Alasannya agar ketika menginput kriteria konsumen yang ditargetkan sesuai dengan target pasar yang memang benar-benar berpotensi membeli produk yang dipasarkan.

5. Integrated Digital Marketing 

Strategi pemasaran yang mengintegrasikan berbagai teknik digital marketing, seperti SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay-Per-Click), content marketing, email marketing, media sosial dan lainya untuk mencapai tujuan bisnis yang lebih besar. 

Sumber daya digital tersebut berisi tentang ulasan produk, tutorial, kanal pemesanan, hingga layanan pelanggan. hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen terhadap sebuah produk, semakin lengkap sumber daya digital yang dimiliki, maka akan memberikan kesan perusahaan yang kredibel dan produk yang berkualitas. 

6. Affiliate Marketing

Strategi ini mempunyai konsep dimana sebuah bisnis membayar komisi kepada afiliasi (publisher atau marketer) untuk setiap penjualan atau tindakan tertentu yang dihasilkan dari upaya pemasaran mereka. 

Cara ini biasanya dilakukan oleh sesama pengusaha yang berkolaborasi seperti toko penjual bahan kue dengan toko roti. kedua bidang usaha tersebut memiliki target pasar dan audiens yang sama. Selain itu, hubungan antara kedua bidang bisnis saling mereferensikan dan menjadi salah satu strategi yang ampuh.

6 langkah strategi pemasaran online

1.Menentukan tujuan bisnis online yang jelas

Sebelum memulai bisnis online, Anda harus menentukan tujuan bisnis online Anda dengan jelas, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan lalu lintas situs web, atau meningkatkan kesadaran merek. 

2. Memiliki situs web yang menarik 

Situs web yang Anda harus menarik dan mudah digunakan. Pastikan bahwa situs web Anda memiliki desain yang menarik, informasi yang akurat dan lengkap tentang produk atau layanan Anda, serta tampilan responsive untuk semua perangkat. 

3. Optimasi mesin pencari (SEO)

Sangat penting untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil mesin pencari. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan mengoptimalkan Konten Anda untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. 

4. Strategi pemasaran konten

Buat dan bagikan konten yang bermanfaat dan relevan dengan bisnis Anda. Konten Berkualitas tinggi dapat membantu menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek Anda. 

5. Membangun Kehadiran media sosial 

Media sosial adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda dan berinteraksi dengan pelanggan. Pastikan untuk memilih platform yang tepat dan terus memposting konten yang menarik dan bermanfaat. 

6. Analisis data 

Lakukan analisis data secara teratur untuk melacak kinerja bisnis Anda dan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan agar mendapatkan hasil yang optimal lakukan evaluasi dari data yang dianalisis. 

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dengan Digital marketing ? 

Kunjungi blog kami yang lain disini. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.