Rahasia Trik Marketing Biar Brandmu Dilirik Konsumen

Dalam dunia marketing perlu sekali menguasai trik marketing agar lebih mudah untuk mempengaruhi audiens membeli produk ataupun menggunakan layanan yang ditawarkan.

Hanya saja untuk menguasai trik marketing tidaklah semudah yang dibayangkan. Perlu keahlian dan pemahaman untuk menguasai trik tersebut.

Jika sudah menguasai trik dalam dunia marketing pastinya akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru!

Selain mendapatkan pelanggan baru, dengan menggunakan trik tersebut juga bisa membuat pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap.

Maka dari itulah alasannya mengapa penting sekali untuk menguasai yang namanya trik marketing dalam berbisnis, agar bisnis berjalan lancar dan berkembang.

Jika penasaran apa saja trik marketing dalam berbisnis, simak artikel kali ini sampai habis!

Baca Juga: Cara Buat Konten Social Media Marketing yang Menarik & Unik

11 Trik Marketing yang Perlu Diketahui Sebelum Berbisnis

Trik Marketing
Trik Marketing Dalam Berbisnis | Sumber: Freepik/KamranAydinov

Sebelum berbisnis ada baiknya perlu memahami dan menguasai trik marketing agar bisnis berjalan lancar tanpa adanya kendala.

Namun kebanyakan pebisnis hanya mengetahui dan menjalankan strategi marketing pada umumnya yang sering dilakukan dalam berbisnis. Mereka melupakan kalau trik marketing juga diperlukan.

Padahal kedua hal tersebut sangat penting dan masih berkaitan satu sama lain dalam berbisnis!

Trik marketing tidak hanya sekedar membuat konten ataupun beriklan saja, namun ada yang namanya trik psikologi dalam marketing.

Dengan menggunakan trik tersebut memudahkan kamu untuk mempengaruhi audiens dengan melibatkan emosi mereka!

Bagi kamu yang ingin memulai berbinis namun belum paham mengenai trik dalam dunia marketing, berikut ini beberapa trik psikologi dalam dunia marketing yang perlu diketahui dan dikuasai:

1. Membuat Perbandingan Harga

Bagi para konsumen, harga diskon merupakan harga yang sangat spesial serta menarik bagi mereka. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan konsumen selalu membandingkan harga normal dengan harga diskon.

2. Memberikan Diskon Untuk Pelanggan Khusus

Penawaran diskon bisa dibedakan menjadi dua jenis, ada yang untuk pelanggan biasa dan khusus. Dalam trik psikologi dalam marketing perlu juga memberikan diskon untuk ke pelanggan khusus.

Namun sebelum membuat diskon khusus untuk pelanggan tertentu, ada baiknya kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar mengetahui jenis pelanggan seperti apa yang bisa dipengaruhi dengan diskon tersebut.

3. Merilis Produk Atau Layanan Baru Bertahap

Pelanggan akan merasa dispesialkan jika mereka mendapatkan hal yang baru, mau itu dalam bentuk informasi maupun barang.

Hal tersebut tentunya juga mempengaruhi psikologi mereka untuk membeli hal yang baru.

Kamu juga bisa menambahkan kata “New Arrival“, sehingga memunculkan persepsi audiens untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang baru saja dirilis.

Baca Juga: 6 Tools Digital Marketing yang Paling Efektif

4. Menggunakan Teknik Reciprocal

Dalam berbisnis biasanya pebisnis selalu menggunakan teknik reciprocal, yang mana teknik tersebut yaitu menyediakan layanan atau produk secara gratis.

Alasan mengapa banyak pebisnis menggunakan teknik ini yaitu audiens sangat senang jika ditawarkan produk atau layanan secara gratis.

Teknik ini juga bisa membuat audiens terkesan dengan kualitas produk maupun layanan yang sedang ditawarkan.

Ketika audiens merasa puas dengan kualitas produk atau layanannya pasti mereka akan kembali untuk membelinya.

5. Menunjukkan Unique Selling Point (USP)

Unique Selling Point (USP) merupakan salah satu trik marketing yang sering digunakan oleh para pebisnis untuk mempromosikan brand mereka.

Adanya unique selling point (USP), audiens bisa mengetahui kelebihan atau keunikan dari produk atau layanan yang mereka beli.

Untuk kelebihan atau keunikan tidak hanya soal harga saja, namun juga kemudahan menggunakan produk atau layanannya.

6. Membuat Kesan Langka & Penting

Trik marketing lainnya yang lumayan efektif namun jarang diketahui oleh kebanyakan pebisnis yaitu dengan membuat produk atau layanan terkesan langka dan penting.

Untuk menggunakan trik marketing ini, kamu bisa menggunakan kata “Limited Edition” tiap layanan atau produk yang dijual.

Trik yang satu ini dianggap bisa mempengaruhi psikologis para audiens, mereka akan beranggapan kalau produk atau layanan tersebut punya nilai lebih jika memiliki atau menggunakannya.

Selain itu cara ini juga ampuh untuk menimbulkan rasa khawatir atau takut kehabisan produk maupun layanan tersebut, sehingga akhirnya audiens memutuskan untuk menggunakan layanan atau membeli produk tersebut!

Baca Juga: 8 Situs Marketing Buat yang Ingin Belajar Digital Marketing

7. Menggunakan Tanda Bukti (Social Proof)

Testimoni dari pelanggan sebelumnya cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan baru!

Hanya saja trik marketing yang satu ini masih jarang dilakukan oleh pebisnis, padahal jika dilakukan bisa membuat omset bisnismu meningkat.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh sebagian pebisnis yang telah menggunakan social proof memiliki jumlah omset yang tinggi, dibandingkan bisnis yang tidak ada social proofnya.

Perlu kamu ketahui kalau testimoni yang bagus bisa membuat audiens jadi semakin yakin untuk membeli produk atau menggunakan layanan tersebut.

Maka dari itu usahakan untuk membuat konten berupa testimoni dari pelanggan sebelumnya atau influencer.

8. Mengikuti Event Marketing

Biasanya audiens akan membeli produk atau menggunkan layanan jika mereka mengetahui siapa yang menawarkannya.

Apakah orang tersebut berpengalaman dan terpercaya atau tidak.

Audiens biasanya selalu memilih produk ataupun layanan kalau orang yang menawarkannya berpengalaman dan terpercaya!

Kamu bisa mengikuti berbagai event marketing yang selalu dikunjungi banyak orang, namun pastikan juga kalau event yang diikuti sesuai dengan niche bisnismu.

Selain itu kamu juga bisa mengadakan event marketing sendiri dan mengundang narasumber yang akan membahas topik sesuai bisnismu.

Pastikan topiknya membahas permasalahan para konsumen, sehingga nantinya kamu bisa sekaligus menawarkan brandmu sebagai solusinya!

9. Membuat Konten yang Unik

Untuk mempromosikan brand perlu sekali membuat konten yang unik agar bisa meningkatkan brand awareness.

Ketika audiens melihat konten yang unik, pastinya audiens akan tertarik dan merasa penasaran dengan produk ataupun layanan yang ditawarkan.

Tidak menutup kemungkinan juga dari rasa penasaran tersebut audiens langsung tertarik membeli produk ataupun menggunakan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing yang Bantu Bisnis Makin Laris

10. Membuat Efek Goldilocks

Efek goldilocks ini sering digunakan oleh pebisnis f&b, contoh dari efek ini seperti:

Ketika membeli minuman kopi pastinya pelanggan ditawarkan memilih varian susu yang nantinya dicampurkan ke kopi. Harga susu yang ditawarkan berbeda – beda jenis dan harganya.

Adanya pilihan susu tersebut merupakan salah satu trik marketing yang membuat para pelanggan membeli kopi sesuai preferensi mereka.

Kamu juga bisa menawarkan berbagai menu kopi yang best seller. Adanya menu tersebut memudahkan pelanggan untuk membeli kopi yang enak.

11. Menggunakan Strategi FOMO

Sekarang ini ada istilah terbaru yaitu FOMO (Fear of Missing Out), yang artinya takut ketinggalan sesuatu hal yang baru.

Bisa dibilang istilah ini diperuntukkan bagi orang yang suka mengikuti tren ataupun informasi terbaru karena takut ketinggalan hal yang baru.

Sebagai pebisnis, kamu bisa menggunakan strategi FOMO ini sebagai trik marketing!

Kamu bisa menggunakan strategi FOMO dengan menggunakan kalimat seperti “Jangan Lewatkan” di iklan, atau buat produk atau layanan menjadi limited edition.

Pasti nantinya banyak orang yang FOMO membeli produk atau menggunakan layanan tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan kalimat “Beli Sekarang Juga!”, sehingga menimbulkan urgensi untuk produk atau layanan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Funnel: Tahapan dan Cara Kerjanya

Rekomendasi Jasa Digital Marketing yang Menggunakan Trik Marketing

Kalau kamu ingin beriklan namun tidak ada waktu luang untuk mengiklankan produkmu, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing saja!

Sekarang ini sudah banyak jasa digital marketing yang menggunakan berbagai trik marketing seperti di atas tadi untuk mengiklankan brand klien, salah satunya yaitu Aidee Lab.

Sebelum mengiklankan produk atau layanan dari klien, Aidee Lab selalu pastikan menggunakan strategi ataupun trik marketing agar menghasilkan banyak leads dan meningkatkan konversi bagi klien.

Tertarik ingin menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab? Kamu bisa hubungi langsung tim Aidee Lab sekarang juga melalui nomor berikut:

0813-6209-8990

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.