fbpx

Catat ! 6 Tips Jitu Ini Untuk Promosi Akun IG yang Efektif

Promosi Akun IG Yang Efektif

Strategi promosi akun IG untuk menaikkan jumlah pengikut sudah menjadi hal biasa dalam era digital yang penuh dengan visual dan kreativitas. Instagram telah menjadi platform yang tak terbantahkan untuk membangun personal branding yang kuat. Namun, di tengah jutaan akun yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna instagram, bagaimana kamu bisa memastikan agar akun instagram kamu tidak hanya terlihat, tetapi juga diingat?

Mari kita bahas bersama strategi-strategi yang dapat membantu akun Instagram kamu lebih dikenal, meningkatkan visibilitas, dan membuka pintu menuju pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa strategi promosi yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan akun Instagram kamu.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa kelola Akun Instagram Medan 

Strategi Promosi Akun IG

Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam mempromosikan akun IG kamu yaitu:

1.Tingkatkan Profil IG

Dalam mempromosikan IG, perlu diperhatikan profil akun IG kamu dengan foto profil yang jelas. Profil IG yang informatif akan memberikan kesan positif pada pengunjung pertama kali. Pastikan foto profil kamu memiliki kualitas yang baik dan mencerminkan identitas brand bisnis online kamu.

Kamu bisa menggunakan bio untuk memberikan gambaran singkat dan menarik tentang diri kamu atau bisnis kamu. Selain itu, kamu bisa menggunakan kata-kata yang mencerminkan kepribadian atau nilai unik kamu.

2. Konsisten dalam Membuat Konten

Strategi promosi akun IG yang tepat adalah membuat konten secara konsisten. Konsisten dalam membuat konten membuat akun instagram kamu semakin dilirik oleh banyak users.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

Kamu bisa membuat feed instagram estetetik atau membuat video POV, a day in my life, Tips dan trik, tutorial, dan review produk, tinggal menyesuaikan tema yang ingin kamu jadikan konten. Selain konsisten juga harus membuat konten yang menarik. Kamu juga harus update dengan perubahan tren yang begitu cepat.

3. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Saat kamu mengunggah foto atau video ke akun Instagram, kamu dapat menambahkan hashtag yang sesuai dengan foto atau video yang diunggah. Kamu dapat memeriksa tautan hashtag di Instagram. Menggunakan hashtag dapat meningkatkan jumlah pengunjung akun Instagram kamu bahkan jumlah pengikut akun Instagram kamu.

Kamu bisa menggunakan hashtag berupa like for follow atau follow for follow dan sebagainya untuk mendapatkan balasan untuk saling mengikuti  dengan pengguna instagram lainnya

4. Lakukan Interaksi dengan Pengguna

Melakukan interaksi dengan pengguna IG merupakan strategi promosi akun IG yang efisien. Selain cepat juga tidak menggunakan biaya yang cukup besar, hanya dibutuhkan effort untuk selalu aktif dan fast respon di instagram.

Kamu juga bisa memberikan komentar dan like pada akun pengguna instagram lainnya. kjuga bisa terlibat pada percakapan dan komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Kamu jadi dapat pengikut instagram yang memiliki minat yang sama dengan kamu

5. Menggunakan Iklan IG

Promosi akun IG  yang cepat perkembangannya yaitu dengan memanfaatkan fitur iklan di IG. Instagram atau IG  memiliki beberapa fitur iklan yang dapat digunakan oleh pengiklan untuk meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan audiens.

Namun, perlu dicatat bahwa platform sosial media terus mengembangkan fitur-fitur baru. Pengguna instagram dapat membuat iklan berbasis gambar, video, atau karusel yang akan muncul di beranda pengguna Instagram dan di antara cerita pengguna lainnya.

Dalam fitur iklan instagram, kamu bisa menyesuaikan demografi, minat, dan perilaku untuk meningkatkan keefektifan iklan dalam promosi iklan instagram kamu. Pastikan untuk memeriksa panduan resmi Instagram dan platform periklanan Facebook (Instagram dimiliki oleh Facebook) untuk mendapatkan informasi terbaru tentang fitur-fitur iklan yang tersedia.

Baca Juga: Jasa Iklan Online

6. Update Terhadap Tren

Dalam menaikkan pengunjung akun IG agar lebih dikenal banyak pengguna. Kamu harus update dan mengikuti perkembangan tren yang begitu cepat. Kamu juga harus bisa menyesuaikan diri dengan menggunakan sound yang sedang viral dalam konten kamu.

Namun tidak semua tren bisa diikuti, ada beberapa tren yang mungkin kurang cocok untuk branding akun instagram kamu. Maka, sebelum membuat konten yang sedang tren, maka perlu mengamati dan menyesuikan tren sesuai kebutuhan konsep konten. Kamu juga perlu berinovasi agar konten kamu orisinil namun, juga dapat mengikuti tren.

Beberapa strategi promosi akun IG diatas, bisa kamu terapkan dengan menyesuaikan konsep branding seperti apa yang ingin kamu tampilkan pada khalayak di akun instagram kamu. Setelah kamu melakukan strategi tersebut, kamu akan merasakan keuntungan yang kamu dapat dalam mempromosikan akun instagram kamu.

Baca Juga : Jasa Desain Konten Instagram

Keuntungan Promosi Akun Instagram

Promosi akun IG dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi individu, brand, atau bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari promosi akun Instagram:

1. Peningkatan Jumlah Pengikut

Keuntungan menjalankan strategi promosi akun IG yang efektif, maka dapat meningkatkan jumlah pengikut pada akun instagram kamu. Orang-orang yang tertarik dengan konten atau produk kamu lebih besar kemungkinan untuk mengikuti akun setelah melihat iklan akun instagram kamu.

Akun instagram kamu dapat berpeluang besar untuk bertumbuh dan dikenal banyak orang. Beberapa brand tidak akan ragu untuk mengajak kamu bekerja sama dalam mempromosikan brand mereka. Tidak heran banyak orang yang meraih keuntungan yang besar dari instagram.

Baca Juga : Jasa Desain Konten Sosial Media Medan

2. Target yang Tepat Sasaran

Kalau kamu punya brand atau bekerja sama dengan brand. Akun instagram yang kamu gunakan dapat menjangkau target audiens kamu dengan tepat. Tidak hanyak tepat namun, juga menjangkau target audiens yang lebih besar. Target audiens yang tepat dapat menambah keuntungan yang besar dalam memajukan bisnis melalui teknologi digital.

Jika tujuan akhir nya adalah meningkatkan penjualan produk atau jasa, promosi Instagram dapat membantu dengan mengarahkan pengguna langsung ke produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Kreativitas dan Berekspresi

Seandainya promosi akun IG dapat berjalan dengan efektif maka, akun instagram kamu dapat kamu jadikan wadah untuk tempat berkreasi dan mengekspresikan perasaan kamu. Kamu dapat membuat konten di instagram untuk menunjukkan sisi kreatif kamu seperti konten beauty ( skincare dan makeup), konten travelling, konten mukbang dan sebagainya.

Fitur – fitur di instagram dapat dimanfaatkan untuk membuat kreasi visual konten yang menarik. Dengan kombinasi fitur-fitur pada instagram, Instagram memberikan wadah yang kaya dan beragam untuk individu dan bisnis untuk menyuarakan diri, mengekspresikan kreativitas, dan terhubung dengan audiens yang lebih luas.

Baca Juga : Jasa Social Media Management: Bagaimana Algoritma Instagram Bekerja?

Keuntungan Promosi Akun IG Melalui AideeLab

Jika kamu ingin promosi akun IG bisnis online kamu, kamu bisa mempromosikan nya melalui AideeLab. AideeLab sebagai digital dan creative agency yang berada di kota Medan. AideeLab membantu brand untuk naik kelas dengan cara optimasi branding.

Perusahaan ini memiliki tim yang profesional dan berpengalaman dalam optimasi dan promosi akun instagram bisnis kamu. Jasa Aideelab akan memberikan banyak saran dan solusi dalam mempromosikan akun instagram kamu menjadi lebih menarik. So, jangan ragu untuk menjadikan AideeLab sebagai tempat promosi akun instagram kamu.

Dengan memahami dan mengoptimalkan keuntungan-keuntungan ini, pengguna Instagram dapat menciptakan promosi yang efektif dan memberikan dampak positif terhadap tujuan akun instagram masing – masing. Mengenai keuntungan tersebut, bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba?.

5/5 - (1 vote)
Nada Safrina
Nada Safrina