fbpx

Manfaat Menggunakan Email Marketing Untuk Usaha Atau Bisnis

Manfaat Menggunakan Email Marketing  – Secara sederhana email marketing merupakan salah satu platform pemasaran secara digital, alasannya email marketing digunakan untuk memberikan informasi secara langsung kepada audiens atau konsumen singkatnya email marketing merupakan alat komunikasi yang digunakan perusahaan untuk memberikan informasi mengenai produk mereka kepada konsumen.

Nah itu tadi gambaran secara umum mengenai email marketing, ingin tau secara detail apa itu email marketing?

Simak yuk informasinya!

Apa itu Email Marketing

Email marketing adalah satu metode online marketing yang dilakukan dengan cara mengirimkan email ke konsumen atau calon konsumen dengan tujuan mulai dari mengedukasi, melakukan branding hingga menginformasikan produk atau tawaran dari perusahaan Anda. 

Perlu Anda ketahui, email marketing sudah ada sejak tahun 1978 yang pertama kali mengirimkan dan berhasil menghasilkan penjualan sebesar $13 juta. Semajak itu email marketing menjadi salah satu upaya dalam digital marketing dan content marketing yang masih relevan hingga saat ini. 

Dalam email marketing Anda dapat mengirimkan berbagai bentuk email seperti newsletter berkala, penawaran khusus, pengumuman produk, ulasan pelanggan, pembaruan acara, dan konten yang relevan dengan audiens Anda. 

Anda juga dapat mengatur jadwal pengiriman email, membuat kampanye otomatis berdasarkan trigger tertentu, serta melacak dan menganalisis matrik seperti tingkat bunga, tingkat klik, dan tingkat konversi. 

Cara Membuat Email Marketing

1. Tentukan tujuan 

Dalam melakukan email marketing tentunya Anda ingin meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, atau menciptakan hubungan yang lebih baik dengan mereka. Tujuan ini jelas akan membantu Anda merancang strategi yang tepat. 

2. Pilih platform email marketing 

Pilih platform email marketing yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa platform termasuk mailchimp, sendinblue,  dan GetResponse. Pastikan platform tersebut menawarkan fitur yang Anda butuhkan, seperti desain template, pengiriman otomatis, segmentasi pelanggan, dan analitik. 

3. Kumpulkan dan kelola daftar email 

Kumpulkan alamat email pelanggan Anda melalui formulir pendaftaran di situs web Anda, atau melalui pembelian produk. Gunakan alat untuk mengelola dan mengorganisir daftar email Anda, seperti membuat segmen berdasarkan preferensi atau perilaku pelanggan. 

4. Rancang template email 

Buat template email yang menarik dan responsif. Pastikan template tersebut sesuai dengan identitas merek Anda dan mudah dibaca di berbagai perangkat. Gunakan  desain yang bersih dan menarik, serta elemen visual yang relevan. 

5. Tulis Konten yang menarik 

Tulis Konten yang relevan, menarik, dan bernilai bagi penerima email. Pastikan Anda singkat, jelas, dan mengarahkan pada tindakan yang diinginkan. Serta tautan yang mengarahkan ke halaman situs web atau produk yang relevan. 

6. Personalisasi email 

Gunakan fitur personalisasi dalam platform email marketing Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih pribadi. Sertakan nama penerima dalam salam bagian tertentu dari email. Juga, gunakan data yang Anda miliki untuk menyampaikan pesan yang sesuai dengan minat atau preferensi penerima. 

7. Uji dan perbaiki 

Sebelum mengirimkan email secara massal, uji email Anda secara menyeluruh. periksa tampilan email di berbagai perangkat dan platform email. Pastikan tampilan email di berbagai perangkat dan platform email. Selain itu, lakukan pengujian A/B dengan mengirimkan variasi email kepada sebagian kecil dari daftar Anda untuk melihat respon yang lebih baik.  

8. Jadwalkan dan kirim email 

Atur jadwal pengiriman email Anda. pilih waktu dan hari yang tepat untuk mengirimkan email agar mencapai tingkat keterbukaan dan respons yang maksimal. Pastikan juga Anda mengoptimalkan subjek email yang menarik perhatian penerima.

9. Analisis dan evaluasi 

Setelah mengirimkan email, analisis dan evaluasi hasil kampanye. Gunakan analitik yang disediakan  oleh platform email marketing untuk melihat tingkat buka, tingkat klik, dan tingkat konversi. perhatikan data ini untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di masa depan. 

10. Tindak lanjut 

Setelah mengirim email, jangan lupakan tindak lanjut. tanggapi pertanyaan atau umpan balik. 

Keuntungan Email Marketing Untuk Peluang Bisnis 

1. Meningkatkan keterlibatan pelanggan 

Email marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan Anda. Anda dapat mengirimkan konten yang relevan, informasi produk terbaru, atau penawaran khusus. 

2. Meningkatkan penjualan 

Dengan mengirimkan penawaran khusus, diskon, atau mengumumkan penjualan produk email marketing dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Anda dapat mengarahkan pelanggan ke halaman produk di situs web Anda atau memberikan tautan langsung untuk memudahkan mereka dalam melakukan pembelian. 

3. Membangun hubungan yang lebih dekat 

Melalui email marketing, Anda dapat berinteraksi secara pribadi dengan pelanggan Anda dan dapat mengirimkan konten yang relevan, menyapa mereka dengan nama mereka, dan menjawab pertanyaan atau permintaan umpan balik secara langsung. 

4. Segmentasi target pasar 

Email marketing memungkinkan Anda untuk melakukan segmentasi target pasar. Anda dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan preferensi, perilaku pembelian atau demografi. Dengan melakukan segmentasi, dan mengirimkan pesan yang lebih relevan dan disesuaikan dengan setiap segmen, meningkatkan efektivitas kampanye email. 

5. Pengukuran kinerja yang akurat 

Email marketing dilengkapi dengan alat analitik yang memungkinkan Anda untuk melacak dan mengukur kinerja kampanye email Anda. Anda dapat melihat tingkat buka, tingkat klik, tingkat konversi, dan lainnya. 

6. Biaya efektif 

Email marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang relatif hemat biaya dibandingkan dengan media pemasaran tradisional. Biaya pengiriman email jauh lebih rendah daripada biaya cetak atau iklan televisi. 

7. Pengiriman targeted 

Dalam email marketing, Anda dapat mengatur pengiriman email yang terjadwal atau berdasarkan trigger tertentu. Anda dapat mengirimkan email pada waktu yang tepat, seperti saat pelanggan baru mendaftar atau saat pelanggan berulang tahun. 

Contoh dari Email Marketing

Hallo [Nama Pelanggan] 

Kami ingin berterima kasih atas dukungan dan kesetiaan Anda sebagai pelanggan kami. Sebagai ungkapan terima kasih, kami senang memberikan penawaran khusus eksklusif untuk Anda!

Selama satu minggu kedepan, nikmati diskon 30% untuk semua produk kami. Ini adalah kesempatan sempurna untuk membeli produk-produk favorit Anda dengan harga yang lebih terjangkau. 

Kunjungi situs web kami melalui tautan ini [tautan situs web] menggunakan kode promo EXCLUSIVE30 saat checkout untuk mendapatkan diskon ini. Jangan sampai terlewatkan kesempatan ini!

Selain itu, Kami juga ingin mendengar pendapat Anda. Kami menghargai umpan balik dan saran dari pelanggan kami. Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, atau masukan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email data melalui saluran komunikasi lain yang tersedia. 

Terima kasih sekali lagi atas dukungan Anda sebagai pelanggan setia kami. kami berharap Anda menikmati penawaran khusus ini. Tetap terhubung dengan kami untuk mendapatkan informasi terbaru, promosi, dan berita menarik lainnya. 

Salam hangat, 

[Tim marketing kami] 

Dengan menggunakan email marketing secara efektif, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis Anda, memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi. Oleh sebab itu penting untuk mengembangkan strategi yang baik, menyediakan konten yang bernilai. 

Gimana?

Masih bigung untuk mengelola email marketing yang Anda miliki, bisa percayakan kepada kami jasa email marketing medan yang sudah memiliki pengalaman dan klien dibidang tersebut. 

Aidee lab 

Jasa pengelola digital marketing

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.