Cara Beriklan di Google dengan Mudah!
Di era digital seperti sekarang ini segala hal yang ingin kamu lakukan selalu mudah untuk dilakukan, salah satunya yaitu beriklan di Google!
Kamu mungkin bakalan sedikit terkejut kalau sekarang ini Google sudah bisa menjadi tempat beriklan bagi para pebisnis.
Padahal dulunya kamu hanya mengetahui kalau Google hanyalah sebuah mesin pencari yang siap membantu menjawab segala pertanyaan yang kamu miliki.
Pastinya ada sebuah alasan mengapa sekarang ini Google bisa menjadi tempat untuk beriklan.
Salah satu alasannya yaitu telah memasuki era digital!
Era digital benar – benar memiliki pengaruh yang sangat luar biasa dari berbagai segala bidang, salah satunya yaitu bidang bisnis.
Kalau dulu berbisnis hanya bisa dilakukan secara langsung, seperti berjualan di pasar. Sekarang ini para pebisnis bisa berbisnis secara tidak langsung alias secara online.
Para pebisnis sekarang ini bisa menjalankan bisnisnya melalui media digital, seperti media sosial, website, podcast, dan iklan online!
Salah satu bukti bahwa era digital mempengaruhi bidang bisnis yaitu sekarang ini sudah bisa beriklan di Google.
Kalau kamu searching di Google pastinya pernah menemukan website yang mana memiliki logo kecil dan bertuliskan “ad”, kan?
Nah, itulah salah satu iklan di Google. Mungkin kamu bertanya – tanya, bagaimana caranya beriklan di Google? Apakah susah beriklan di mesin pencari tersebut?
Untuk mengetahui caranya beriklan di Google, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya ya.
Dengan melihat tahapan beriklan di mesin pencari tersebut dijamin bisa buat kamu jadi paham bagaimana cara memasang iklan di Google.
Simak lebih lengkap pembahasan selanjutnya.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Google Ads Buat Bisnis Makin Untung
Cara Beriklan di Google yang Mudah Dipahami
Banyak pebisnis yang masih ragu untuk beriklan di Google karena mereka mengira memasang iklan di Google sangat susah.
Padahal kenyataannya beriklan di Google itu mudah lho! Kamu hanya tinggal menentukan strategi saja, selebihnya kamu bisa memasangkan iklan bisnismu di Google.
Selain mengira beriklan di Google itu susah, para pebisnis juga mengira kalau beriklan di mesin pencari tersebut tidak ada untungnya.
Padahal faktanya memasang iklan di Google sangatlah menguntungkan!
Salah satu keuntungan dari beriklan di Google yaitu bisa menjangkau target audiens secara lebih luas.
Masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan para pebisnis jika memasang iklan di Google.
Untuk mengetahui apa saja keuntungan memasang iklan di Google, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya setelah pembahasan kali ini ya!
Pembahasan kali ini akan membahas bagaimana cara memasang iklan di Google.
Simak cara memasang iklan di Google berikut ini!
1. Membuat Akun Google Ads
Memasang iklan di Google harus lewat dari Google Ads ya, maka dari itu sebelum beriklan diharuskan untuk membuat akun Google Ads jika belum punya akun Google Ads.
Jika sudah membuat akun Google Ads nantinya akan diarahkan ke halaman selanjutnya untuk memilih goals iklan.
Buat kamu yang baru pertama kali beriklan di Google, nantinya Google mengarahkan langsung untuk membuat iklan smart campaign.
Ketika membuat iklan smart campaign, nantinya Google akan mengatur otomatis iklan yang sudah dibuat dengan bantuan machine learning.
Kalau kamu ingin mendapatkan kontrol secara penuh ketika ingin membuat iklan, disarankan untuk memilih expert mode dengan cara mengklik ‘switch to expert mode‘.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Google Ads, Gak Takut Bodong
2. Tentukan Tujuan Beriklan
Nah, dalam beriklan pastinya harus punya tujuan, kan? Sama seperti jika kamu ingin beriklan di Google yang mana harus memiliki tujuan dalam beriklan.
Dengan menentukan tujuan beriklan, nantinya Google akan mengatur sesuai dengan tujuan beriklan sehingga bisa mencapai goals yang kamu inginkan.
Google Ads menyediakan beberapa tujuan dalam beriklan, seperti :
- Local Store Visits & Promotion
- App Promotion
- Brand Awareness & Reach
- Product & Brand Consideration
- Website Traffic
- Leads
- Sales
Baca Juga : 3 Rekomendasi Jasa Iklan Google yang Manjur, Sudah Tahu?
3. Memilih Jenis Tampilan Iklan
Google Ads menyediakan beberapa tipe campaign yang bisa kamu pilih jika ingin beriklan di Google.
Berikut ini beberapa jenis tampilan atau tipe campaign yang disediakan oleh Google Ads :
- Search Campaign
Tipe campaign ini biasanya muncul saat pengguna sedang searching keyword tertentu. Biasanya tipe campaign ini dikenal sebagai iklan teks.
- Display Campaign
Tampilan iklan dari display campaign bisa berupa teks maupun gambar yang sering muncul di halaman website partner Google.
- Shopping Campaign
Tampilan dari iklan ini berupa informasi mengenai produk atau jasa yang berbentuk katalog.
- Video Campaign
Jenis dari tampilan iklan ini sudah pasti berupa video yang sering tayang di halaman website partner Google atau saat mengakses video dari Youtube.
Videonya hanya berdurasi singkat saja sekitar 8 sampai 15 detik saja.
- App Campaign
Tampilan dari iklan ini biasanya berupa teks atau gambar yang mana tersedia tombol button yang bisa langsung mengarahkan penggunanya ke Play Store atau App Store.
- Smart Campaign
Nah, kalau tipe campaign ini dibantu oleh machine learning sehingga mempermudah kamu untuk membuat serta mengelola iklannya lebih tertarget.
- Local Campaign
Terakhir ada tipe campaign berupa local campaign yang mana membantu kamu yang sudah mempunyai toko atau kantor offline.
Sehingga nantinya tampilan iklannya berupa Maps, Youtube, ataupun website partner Google.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Pasang Iklan di Google
4. Melengkapi Pengaturan Iklan
Selesai sudah memilih tampilan iklannya, selanjutnya kamu perlu melengkapi pengaturan iklan.
Beberapa hal yang harus kamu lengkapi yaitu nama iklan, jenis iklan, serta pilihan network untuk menampilkan iklannya.
5. Menentukan Durasi Penayangan Iklan
Cara selanjutnya yaitu menentukan durasi penayangan iklan, cara ini tentunya sangat penting sekali ya!
Untuk cara menentukan durasi penayangan iklannya yaitu buka pengaturan terlebih dahulu, selanjutnya klik ‘show more settings‘.
Kalau sudah muncul tampilan seperti gambar di bawah :
Kamu bisa langsung menentukan durasi penayangan iklannya sampai berapa lama. Jangan lupa untuk mengisi tanggal mulai penayangan iklan serta tanggal selesai penayangan iklannya.
Kamu juga bisa atur URL campaign, dynamic search ads, dan jadwal tayang iklan pada kolom yang tersedia.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan di Google Buat yang Pengen Beriklan!
6. Memilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa
Selanjutnya kamu bisa memilih jangkauan lokasi serta bahasa untuk menayangkan iklan bisnismu. Hal ini dilakukan agar bisa mempersempit maupun memperluas jangkaun lokasi serta bahasanya.
Jika sudah memilih nantinya Google akan bekerja untuk menyeleksi audiens yang akan menerima iklan tersebut.
7. Menentukan Target Audiens
Cara ini penting sekali untuk kamu lakukan, karena jika tidak menentukan target audiens nantinya iklanmu akan sia – sia.
Kamu bisa menentukan target audiens sesuai dengan bisnismu, tentunya dengan target audiens ini bisa membuat iklan muncul ke audiens yang lebih spesifik.
8. Mengatur Budget Iklan
Bisa dibilang beriklan di Google sangatlah hemat biaya, karena kamu bisa atur sendiri mau mengeluarkan budget berapa untuk beriklan.
Google Ads memiliki fitur untuk membatasi budget yang mana nantinya dengan fitur tersebut bisa menghentikan iklan secara otomatis jika batasan budgetnya tercapai.
Misalnya saja untuk iklan A, kamu mengeluarkan budget sekitar Rp. 90.000 per hari. Nantinya Google tidak akan menghabiskan budget melebihi jumlah tersebut.
Saran untuk kamu yang baru pertama kali memasang iklan di Google, ada baiknya keluarkan budget yang paling terendah dulu ya.
9. Menentukan Bidding untuk Beriklan
Bidding merupakan biaya yang perlu kamu keluarkan untuk pay per click.
Untuk melakukan bidding ini, kamu bisa atur konversinya, lalu klik impression, dan klik save and continue.
Baca Juga : Rekomendasi Jasa Pasang Iklan di Halaman Satu Google
10. Mengatur Keyword untuk Iklan di Ad Groups
Kamu bisa atur keyword di Ad Groups, biasanya satu campaign bisa diisi beberapa Ad Groups.
Kalau kamu membuat lebih dari satu Ad Groups, pastikan untuk memberi nama setiap Ad Groups di kolom yang tersedia.
Hal tersebut bisa mempermudah kamu untuk mengetahui Ad Groups mana yang bagus performanya.
Jangan lupa juga untuk mengisi keyword yang sesuai dengan iklan yang akan dibuat.
Hal tersebut dilakukan agar orang – orang yang searching keyword tersebut nantinya yang muncul di halaman pertama Google yaitu iklan bisnismu.
Jika sudah mengisi keyword, selanjutnya klik save and continue ya.
11. Membuat Ad Copy
Jika sudah melakukan beberapa cara sebelumnya, maka selanjutnya kamu bisa membuat Ad Copy.
Biasanya untuk paid search, Google Ads membatasi karakter teksnya agar bisa memuat secara keseluruhan isi dari teks iklan di hasil pencarian.
Disarankan untuk membuat kalimat yang singkat namun bersifat informatif sehingga orang – orang akan tertarik dan mengklik iklanmu.
Jika sudah membuat Ad Copy jangan lupa untuk save and continue ya.
12. Melakukan Review
Sebelum iklan dipublish, ada baiknya kamu melakukan review iklan yang telah kamu buat.
Dari melakukan review ini, kamu bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki.
13. Melakukan Pembayaran
Jika iklan yang dibuat dirasa sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, cara terakhir yaitu melakukan pembayaran.
Sebelum membayar, kamu harus mengisi beberapa data yang diperlukan seperti timezone, billing country, customer info, metode pembayaran, dan lainnya.
Untuk metode pembayaran bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis.
Jika sudah memilih metode pembayarannya, jangan lupa untuk klik centang persetujuan dan klik ‘submit‘.
Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar tagihan iklannya. Iklan akan tayang jika sudah mendapatkan persetujuan.
Baca Juga : Biaya Iklan di Google Ads dan Tips Hemat Yang Perlu Kamu Tahu
Keuntungan Beriklan di Google!
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk beriklan di Google.
Sebenarnya cukup mudah untuk melakukannya, hanya saja kalau kamu merupakan pebisnis sibuk maka bisa sekali menggunakan jasa Google Ads.
Untuk masalah keuntungan dari beriklan di Google ini tentunya sangat banyak keuntungan yang bisa didapatkan.
Keuntungannya yaitu :
- Beriklan di Google sudah pasti lebih besar peluangnya dilihat banyak orang
- Kalau kamu punya website bisnis, berpeluang besar juga untuk muncul di halaman pertama dah peringkat teratas di SERP
- Mampu meningkatkan trafik pada website bisnis, selain itu juga bisa meningkatkan Fbrand awareness
Itulah beberapa keuntungan dari memasang iklan di Google.
Buat kamu yang tertarik untuk memasang iklan di Google, maka kamu bisa hubungi tim Aidee Lab sekarang juga untuk mengetahui lebih lanjut apa saja keuntungan menggunakan jasa Google Ads dari Aidee Lab!